Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, HSU Bangun Rumah Sakit Baru

Foto : Dok

Amuntai, KP – Dalam upaya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) akan membangun Rumah Sakit baru di lahas luas sekitar 4,5 hektar dengan gedung berlantai tiga.

Rencana pembangunan rumah sakit tersebut akan mulai dilaksanakan pada tahun 2021 di Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah dengan totala anggaran kurang lebeh Rp 209 Milyar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) HSU Danu F Fotohena mengatakan, rumah sakit yang akan nanti kita bangun ini merupakan rumah sakit tipe C dengan bangunan gedung 3 lantai, dengan tahap awal sebanyak 100 kamar.

“Tahap awal dibangun dulu, poliklinik, UGD, Himodealisa kemudian ruang rontgen, ruang bersalin dan ruang rawat inap sebanyak 100 tempat tidur,” terang Danu, belum lama tadi.

Selanjutnya akan menambah beberapa ruangan unit fasilitas dan lain – lain. Sedangkan untuk tahap pertama rumah sakit baru akan rampung di tahun 2022 dan langsung mulai beroperasi.

Danu mengatakan tahapan demi tahapan akan sangat hati-hati pembangunan rumah sakit ini dilaksanakan karena ini menyangkut fasilitas kesehatan yang pembangunannya tidak mudah. Pembanguna rumah sskit ini Multi Years. Direncanakan akan rampung pada tahun.

Berita Lainnya
1 dari 310

Pembangunan Rumah Sakit ini terang Danu menggunakan biaya pinjaman dari lembaga pembiayaan.”Itu bertahap dari tahun 2021, Insyaallah di tahun 2025 – 2026 baru selasai (semua).” kata Danu.

Sementara, rencana persiapan pembangunan rumah sakit baru sudah mulai dilaksanakan terkait dengan dokumen – dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kemudian dokumen lainnya, lanjutnya.

“Hari ini tadi sudah menyusun manejemen konstruksi juga konsultan manejemen konstruksi dan terakhir dilakukan pembangunan fisiknya dibulan Juli 2021 sampai Agustus tahun 2022.” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan dibangunnya rumah sakit baru ini pelayanan dan kualitas kesehatan rumah sakit semakin meningkat dan bisa memberikan kenyamanan yang ingin berobat serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Rumah sakit ini dibangun ditahap awal dengan tipe C, nantinya akan semakim berproses berkembang akan menjadi tipe B.” katanya.

Sementara itu Ahmad Sibawayhi Aparat Desa Muara Tapus juga mengatakan, sangat gembira dan menyambut baik dengan adanya rumah sakit yang akan dibangun di desa nya, dirinya berharap dengan adanya rumah sakit baru yang ini di Desa Muara Tapus bisa mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya