3 Hari Usai Putusan Sidang, Pemenang Pilwali Bakal Ditetapkan

Banjarmasin, KP – Pemenang Pilwali Banjarmasin tahun 2020 bakal ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, hal itu menyusul pasca pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilwali Banjarmasin 2020.

Namun, Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Syafruddin Akbar menjelaskan, bahwa pihaknya masih menunggu surat dari KPU RI, yang mengacu pada putusan MK, sebagai perintah melaksanakan penetapan.

“Sebenarnya kami sudah penetapan. Tapi kita tetap harus menunggu surat dari KPU RI terlebih dahulu sebagai atasan kami,” ucapnya saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, Kamis (27/05) sore.

Kendati demikian, Ia memastikan bahwa penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih ini bisa terselenggara paling lambat dalam 3 hari kerja setelah pembacaan putusan MK.

Berita Lainnya

Keluarkan Izin PTM Mulai Senin

1 dari 3.549

“Masih ada waktu antara Senin, (31/05) atau Rabu, (02/06). Karena tanggal 1 Juni itu tanggal merah. intinya tidak mungkin lewat dari sekitar tanggal-tanggal itu. Lokasinya masih seperti jadwal diawal yang ditunda, yaitu salah satu hotel berbintang di Jalan A. Yani KM 5,” paparnya.

Ia melanjutkan, pada tahap penetapan itu nantinya, ke empat paslon akan diundang untuk berhadir dan dua orang tim pemenangan. Termasuk instansi terkait lainnya, seperti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu dan KPU Provinsi.

“Kita akan undang semua paslon dan dua orang perwakilan tim pemenangan. Namun jika mereka tidak berhadir tidak berpengaruh terhadap proses penetapan,” pungkasnya.

Setelah tahap penetapan ini, selanjutnya akan diselenggarakan pelantikan. Dimana Surat Keputusan (SK) Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih akan diserahkan ke DPRD Banjarmasin untuk dilaksanakan sidang paripurna.

Kemudian akan keluar SK, yang akan diajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Lalu mereka juga akan menerbitkan SK untuk pelaksanaan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

“Kalau mendesak cepat bisa saja seminggu setelah penetapan itu diselenggarakan. Tapi tergantung dari DPRD saja lagi. Kita tidak sampai ikut kesana,” tutupnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya