Ciptakan Wisata Buah
Desa Suput Ditanami 1.000 Pohon Durian Musang King

Tanjung, KP – Berharap menjadi salah satu destinasi desa wisata buah, juga untuk menambah income bagi masyarakat, warga Desa Suput Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong menanam 1.000 bibit pohon durian Musang King.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Camat Haruai Handi Yanuardi S.IPm terkait pelaksanaan Penanaman Pohon Durian Musang King, belum lama tadi yang berlokasi di Desa Suput, RT 02 Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Menurut Hamdi, Desa Suput memang akan dijadikan tempat wisata buah durian dan ini dilakukan untuk menyeimbangkan pembangunan dengan wilayah atas di Kecamatan Haruai.

“Program penanaman pohon durian ini bertujuan untuk menyeimbangkan pembangunan di wilayah atas, yaitu Desa Kembang Kuning dan sekitarnya, dan diharapkan 4 tahun kedepan Desa Suput bisa menjadi obyek wisata buah durian di Kecamatan Haruai, sebab diprediksi Durian ini bisa berbuah di usia empat tahunan,” ujarnya.

“Sebagai Camat di Kecamatan Haruai, kami sangat mendukung dengan inisiatif masyarakat Desa Suput terkait pelaksanaan penanaman pohon durian, bahkan ini sudah termasuk dalam program kerja Kecamatan Haruai di Tahun 2021 ini,” sebut Hamdi.

Berita Lainnya
1 dari 263

Selebihnya, Camat Haruai ini mengungkapkan bahwa keinginan masyarakat tersebut untuk mengantisipasi usaha pokok masyarakat harga karet turun, sehingga masyarakat mempunyai penghasilan lain yakni dari hasil menjual durian serta menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Tabalong dan masing-masing Kepala Keluarga menanam minimal 1 pohon Durian Musang King di pinggir jalan.

Selain Camat Haruai sebagai orang pertama ditunjuk untuk melakukan penanaman secara simbolik hari itu bersama unsur Muspika Haruai, acara penanaman Durian Musang King tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek Haruai Iptu Segeryanto dan Danramil Kapten Inf Rikin, Kepala Desa Suput Muhammad Yusuf beserta Aparat Desa bersama masyarakat Desa Suput Kecamatan Haruai.

Terpisah, Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA melalui Iptu Segeryanto Kapolsek Haruai mengatakan, bahwa pihak kepolisian senantiasa siap membantu dan mendukung program pemerintah.

“Kami siap mendukung program Pemkab Tabalong melalui Kecamatan Haruai dalam rangka kegiatan penanaman pohon buah ini,” ujar Seger.

Ditambahkan Seger, menurut informasi, durian tersebut merupakan klon atau jenis Musang King yang didatangkan langsung dari Yogyakarta sebanyak 1.000 bibit pohon yang nantinya pihak kecamatan menganjurkan agar setiap kepala keluarga di Kecamatan Haruai diwajibkan menanamnya.

“Kita menghimbau agar tanaman ini seterusnya dirawat dengan baik, agar tumbuh subur dan dapat kita nikmati sampai anak cucu dimasa yang akan datang,” demikian pungkas Kapolsek Haruai Iptu Segeryanto. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya