Jalan Cemara Ujung Kembali Mulus

Banjarmasin, KP – Kondisi aspal di Jalan Cemara Ujung yang sebelumnya dalam keadaan rusak berat lantaran terlalu sering dilewati mobil dengan tonase besar akhirnya sudah kembali mulus seperti semula.

Hal itu dibuktikan dari pantauan Kalimantan Post, Senin, (31/05) siang. Terlihat kondisi jalan kurang lebih sepanjang 1,5 KM itu tak lagi ada yang berlubang atau dipenuhi bebatuan yang mengganggu perjalanan.

Dimas, salah satu warga yang saat itu melintas di ruas jalan yang menghubungkan Kota Banjarmasin – Kabupaten Barito Kuala (Batola) tersebut mengaku sampai tidak sadar kalau ruas jalan tersebut sudah tidak ada lubang lagi.

“Iya, sudah mulus. Saking mulusnya, saya tak sadar ketika berkendara sudah sampai rumah,” cetus Dimas.

Terpisah. Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra menjelaskan bahwa proyek senilai Rp 2,9 miliar itu telah selesai dikerjakan sejak Sabtu (29/5) lalu.

“Sesuai target, selesai di bulan Mei,” ucapnya, saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Senin (31/05) siang.

Berita Lainnya
1 dari 2.985

Namun Agar jalanan tak lagi mengalami kerusakan seperti sebelumnya, Chandra meminta pengertian para pengguna jalan. Khususnya sopir angkutan berat, agar tidak melintasi jalan tersebut.

Bukan tanpa alasan. Lantaran tidak menutup kemungkinan kerusakan bakal kembali terjadi di jalan tersebut. Lagipula, maksimal muatan kendaraan yang boleh melintas di kawasan itu juga sudah diatur.

Di sisi lain. Menurut Chandra, portal di Jembatan Alalak II juga masih terpasang. Artinya, kendaraan yang memiliki ketinggian tak sesuai juga tidak bisa melintas.

“Maksimal hanya 6 ton. Di pintu masuk ruas jalan juga sudah ada rambunya,” ujarna.

Sebab, bukan tidak mungkin kerusakan bakal kembali terjadi di jalan tersebut. Lagipula, maksimal muatan kendaraan yang boleh melintas di kawasan itu juga sudah diatur.

“Besar harapan kami untuk masyarakat pengguna jalan agar mematuhi aturan dan batasan tonase yang diperbolehkan melewati jalan cemara. Supaya jalan cemara dapat bertahan lama dalam meningkatkan kenyamanan pengguna jalan,” imbaunya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Doyo Pudjadi meminta Dinas Perhubungan setempat untuk mengatur lalu lintas di lokasi tersebut agar tidak rusak kembali.

“Kita memohon dari Dinas terkait untuk mengaturkan kembali lalu lintas di sana, agar dapat menjaga jalan yang sudah bagus ini sehingga tidak cepat rusak kembali,” harapnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya