Jurnalis Soroti Pelitnya Informasi SKPD Pemko

Banjarmasin, KP – Beberapa waktu lalu, awak media yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dikumpulkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) setempat.

Berbagai macam kritik dan saran disampaikan dalam pertemuan itu. Yang paling banyak jadi sorotan adalah minimnya keterbukaan informasi dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemko Banjarmasin.

Wahyu, salah satu awak media cetak yang juga desk di pemerintahan Kota Banjarmasin mengatakan, bahwa ada beberapa poin yang sangat sulit untuk dikonfirmasi.

“Padahal hal itu sangat penting, seperti data mengenai anggaran penanganan pandemi Covid-19, ada juga soal pembebasan lahan yang dilakukan dalam pembangunan oprit jembatan HKSN,” ungkapnya dalam forum tersebut.

Menurutnya, dinas terkait sangat sulit dikonfirmasi. Padahal azaz keterbukaan informasi publik saat ini sedang digemgor-gemborkan oleh Pemko sendiri.

“Kalau seperti itu, kami sangat sulit untuk membuat pemberitaan yang berimbang,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jumahudin, salah satu wartawan radio yang juga desk di Pemko.

“Apa yang diungkapkan saudara Wahyu memang sangat penting untuk ditindak lanjuti,” ujarnya singkat.

Berita Lainnya
1 dari 3.582

Mendengar hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika berjanji untuk sesegera mungkin mengkomunikasikan hal tersebut kepada seluruh SKPD.

“Sekarang sudah zamannya keterbukaan informasi. Karena itu, kami menghimbau kepada teman-teman SKPD untuk bisa selalu lebih terbuka dalam memberikan informasi kepada semua wartawan,” ungkapnya saat dihadapan awak media, Kamis (20/05) siang.

Menurutnya, jika informasi yang diberikan kepada para awak media lengkap dan jelas, maka apa yang selama ini menjadi praduga atau hanya sekedar dugaan di masyarakat bisa tersampaikan secara menyeluruh.

“Itu menjadi kesempatan bagi kita (SKPD Pemko) bisa meluruskan apa yang kita takutkan, misalnya ada salah tafsir di masyarakat,” ujarnya.

Kendati demikian, ia tidak membantah jika ada beberapa pejabat Pemko yang masih belum terbuka saat dikonfirmasi awak media. Namun hal itu dikarenakan karena belum terbiasa.

Karena itu, ia menegaskan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan kepada pimpinan. Yaitu Wali Kota, agar bisa menyampaikan hasil diskusi yang dilakukan itu bisa segera disampaikan ke masing-masing SKPD.

“Kami diskominfotik hanya bisa sebatas menghimbau saja. Nanti kita sampaikan dulu ke pimpinan,” tukasnya.

Dengan demikian, ia berharap agar seluruh pemberitaan yang ditulis awak media bisa menjadi sebuah kritik yang membangun bagi Pemerintahan Kota Banjarmasin.

“Bisa memberikan pelayanan dan pembangunan yang lebih baik ke masyarakat. Yang utamanya untuk menyampaikan hasil pembangunan kota kepada masyarakat dan agar meningkatkan penghidupan yang lebih baik lagi,” pungkas wanita dengan sapaan Windi itu. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya