Pemkab HST Laksanakan Percepatan Penurunan Stunting

Barabai, KP – Bupati HST H Aulia Oktafiandi dan Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri tanda tangani Komitmen bersama Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting dan Kabupaten Kota Sehat (KKS) bertempat di Pendopo Kabupaten HST, Kamis 27/05/2021.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten HST, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Para Kepala SOPD, Para Camat dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati HST H Aulia Oktafiandi menyampaikan Komitmen bersama ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia Indonesia.

Momentum ini menunjukkan perhatian Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan penurunan Stunting dan Kabupaten Kota Sehat (KKS) di wilayah Kabupaten HST.

Berita Lainnya
1 dari 445

Selanjutnya program ini diharapkan dapat terwujud dengan melakukan aksi konvergensi/integrasi melalui beberapa kegiatan diantaranya melakukan pemetaan program kegiatan dan sumber pembiayaan terkait percepatan penurunan Stunting hingga tingkat Desa/Kelurahan di Daerah

Seterusnya Pemerintah Daerah dan masyarakat harus membangun kemitraan bersama untuk meningkatkan lingkungan fisik, sosial, Budaya, perilaku dan pelayanan publik yang dilaksanakan secara adil dan terjangkau.

Sebelumnya H Ainur Rafiq selaku ketua Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S) menyampaikan berdasarkan keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas No.Kep 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Kab /Kota lokus intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2018-2022, kabupaten HST masuk pada tahun 2021-2022.

HST pada prosentasi stunting menurut Kab/Kota se-Kalimantan Selatan pada 2019 berada pada angka 14,3 persen, kemudian pada tahun 2020 menurun menjadi 10 persen. Secara Nasional berdasarkan target RPJMN 2020 sebesar 24,1 persen Kab.HST ternyata dibawah angka tersebut.

Komitmen ini perlu dilakukan dalam upaya dukungan pembuatan program dan penggerakan serta penguatan koordinasi tindak perbaikan layanan yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penyediaan layanan penurunan stunting di kab HST. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya