Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Diberi Peningkatan Kompetensi

Batulicin, KP – Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar kegiatan peningkatan kompetensi bagi penyuluh agama Islam PNS dan Non PNS.

Kegiatan digelar di Aula Kantor Kemenag Tanbu, Kamis 27/05/2021), dibuka langsung Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Dahliansyah.

Kepala Kemenag Tanbu, H. Ahmad Kamal mengatakan kegiatan peningkatan kompetensi bagi penyuluh agama Islam ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak antar peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan peningkatan kompetensi ini, sebut Ahmad Kamal,  dilatarbelakangi merosotnya wawasan kebangsaan yang terjadi saat ini. “Wawasan kebangsaan harus ditingkatkan, NKRI harga mati,” ujarnya.  Masalah wawasan kebangsaan ini jangan disepelekan. Untuk itu diharapkan para penyuluh agama dapat terus meningkatkan wawasan kebangsaannya.  “Buka hanya pendidikan agama saja, tetapi wawasan kebangsaan juga penting,” sebutnya. 

Dalam kegiatan ini, sebut Ahmad Kamal, ada beberapa hal penting yang disampaikan kepada peserta peningkatan kompetensi. Pertama, yaitu terkait kesehatan. Dimana saat ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Peran para penyuluh sangat penting membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pencegahan pandemi Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 489

Mengajak masyarakat untuk taat terhadap aturan pemerintah dengan melaksanakan prokes Covid-19. Kedua, yakni masalah keamanan nasional. Dimana dalam hal ini disampaikan materi terkait bahaya penyalahgunaan Nafza oleh Polres Tanbu. .Ketiga, para peserta juga menerima materi terkait sosialisasi peraturan bersama menteri tentang perizinan rumah ibadah yang disampaikan Ketua FKUB Tanbu.

Disisi lain, Kepala Kemenag Tanbu juga berharap kepada para penyuluh agama Islam agar mempublikasikan kegiatan penyuluhan yang dilakukan. “Kegiatan yang kita laksanakan agar dipublikasikan, sehingga masyarakat mengetahui kegiatan apa saja dan materi apa saja yang disampaikan, sehingga pengetahuan masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanbu, H.M. Zairullah Azhar, dalam sambutan tertulisnya disampaikan Staf Ahli Bupati Dahliansyah mengatakan atas nama pemerintah daerah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Peningkatan Kompetensi Bagi Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

Karena, pentingnya pembekalan dan pemahaman kepada penyuluh agar bisa memberi pencerahan kepada masyarakat, sebagai penyambung informasi dari Kemenag. Lebih lanjut, penyuluh diharapkan tidak hanya sebatas pada memberikan tausiyah atau ceramah, tetapi juga informasi terbaru masalah keagamaan yang berkaitan dengan zakat, wakaf, haji/umroh maupun masalah pendidikan lainnya kepada masyarakat.

Kemudian, peran serta penyuluh dalam rangka menekan angka perceraian di Kabupaten Tanah Bumbu juga sangat diharapkan. Selanjunya, yang terpenting bagaimana penyuluh mampu menyampaikan informasi terkait Pandemi Covid-19. (rel/han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya