Banjarmasin Belum Lewati Fase Krisis Covid-19

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menegaskan bahwa Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan masih belum keluar dari ancaman penularan Covid-19.

Menurutnya, hal itu dikarenakan Bumi Kayuh Baimbai ini masih belum melewati masa kritis atas kasus warga yang terinfeksi virus yang menyerang jaringan pernafasan manusia tersebut.

“Banjarmasin tidak bisa dikatakan bisa melewati fase itu,” tegasnya saat ditemui awak media di lobi gedung Balai Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa Kota Banjarmasin sudah mempunyai kemampuan dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

“Kita bisa klaim bahwa Banjarmasin berhasil dalam pengendalian Covid-19 ini dikarenakan bisa menahan lajunya kasus infeksi virus ini dibandingkan dengan wilayah lain,” klaimnya.

Pasalnya. Dari pengakuannya, saat ini kasus virus corona di wilayah lain sedang dalam kondisi tinggi-tingginya. Seperti di wilayah madura dan ibu kota provinsi lain sedang tinggi-tingginya. Sementara di Kota Banjarmasin mampu mengendalikannya.

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

Berdasarkan data yang dihimpun awak media melalui akun Instagram resmi milik Dinkes Kota Banjarmasin, jumlah warga yang terinfeksi virus Corona di Kota Banjarmasin per Sabtu 12 Juni 2021 hanya sebanyak 81 kasus aktif, dengan rincian 25 orang isolasi mandiri dan 56 isolasi di rumah sakit.

Kemudian, case fatality rate atau tingkat kematian akibat Covid-19 pun juga menurun drastis. Hanya sebanyak 210 orang yang tercatat meninggal akibat Covid-19.

Untuk kesembuhannya pun juga diakui Machli sangat tinggi dengan jumlah 8842 orang.

Ia mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan buah manis dari kerjasama Pemko, TNI-Polri dan kedisiplinan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

“Kalau kita semua konsisten mempertahankan bahkan meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan kemampuan penyembuhan yang ada maka kita bisa saja nol kasus di Banjarmasin,” tukasnya.

Ia menegaskan, bahwa hal ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan bagi warga Banjarmasin khususnya untuk perkembangan kasus Covid-19.

“Jadi bisa dikatakan, Covid-19 di Banjarmasin sekarang ini terkendali,” tekannya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya