Bansel Mendadak Urus E-KTP Ratusan Warga, Jelang PSU Pembuatan E-KTP Buka Layanan di Kecamatan Bansel

Jelang PSU Pembuatan E-KTP Buka Layanan di Kecamatan Bansel

BANJARMASIN, KP – Mendadaknya ratusan warga yang tinggal di Kecamatan Banjarmasin Selatan untuk mengurus perbaikan data maupun fisik dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) agar bisa mencoblos saat pelaksanaan PSU Pilgub membuat Pemko angkat bicara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Fisdukcapil) Kota Banjarmasin, Rizanie Setiawan membenarkan bahwa kegiatan yang digelar pihaknya di kecamatan itu merupakan upaya mempermudah pelayanan pengurusan e-KTP.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut juga menjawab instruksi pimpinan dalam hal ini Pj Wali Kota Banjarmasin. Tepatnya, saat Pj Wali Kota, berkunjung ke seluruh kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Rizanie menjelaskan, dari hasil kunjungan itu, Pj Wali Kota diketahui banyak menerima masukan atau keluhan warga terkait perbaikan e-KTP. Misalnya hilang atau rusak.

Padahal, selain e-KTP juga diperlukan sebagai persyaratan untuk bisa menunaikan hak pilih.

“Kemudian, Pj Wali Kota memberikan arahan ke kami (Disdukcapil,) untuk menjawab keluhan warga, itu. Kami pun akhirnya melakukan jemput bola, agar warga tidak terlalu jauh ke Kantor Disdukcapil,” ungkapnya, ketika diwawancarai di sela-sela kegiatan, Selasa (8/6) siang.

Berita Lainnya

Awasi Postingan Medsos NaGa

1 dari 2.952

Lantas, mengapa baru sekarang alias menjelang PSU? Bukankah hal itu bisa dilakukan sepekan sebelum PSU berlangsung.

Menjawab hal itu, Rizanie beralasan pihaknya sudah menggelar sejak lama. Bahkan sudah sebelum PSU Pilkada Kota Banjarmasin digelar.

Selain itu pihaknya juga memprioritaskan bagi warga yang memang tinggal di kecamatan yang menjadi tempat digelarnya PSU.

“Saat di sini kami tidak menyangka rupanya bisa sebanyak ini. Padahal ketika di kantor disdukcapil, kami sudah lembur dari Jumat hingga Minggu,” tambahnya.

Ditanya sampai kapan pengurusan KTP ini digelar, Rizanie menjelaskan kegiatan ini dilakukan hingga pelaksanaan PSU digelar.

Namun sekali lagi, ia menekankan yang diprioritaskan hanya untuk Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Blanko yang disiapkan sebanyak 10.000 keping untuk di Banjarmasin, termasuk di Bansel ini. Agar cepat selesai, mota harap Sumber Daya Manusia (SDM), alat dan jaringan aman pendukung bisa berjalan lancar,” tutupnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya