Dishub Diminta Kaji Ulang Pemasangan Stick Cone

Banjarmasin,KP – Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Eddy Junaidi meminta Dinas Perhubungan (Dishub) mengkaji ulang rencana pemasangan kembali stick pembatas atau cone di sejumlah ruas jalan di kota ini.

“Kita meminta Dishub Kota Banjarmasin untuk mengkaji ulang, terutama soal efektifitas jika di ruas jalan kembali dipasang stick cone,” kata Eddy Junaidi.

Kepada KP Selasa (22/6/2021) ia menilai, pemasangan stick cone yang dipasang seperti di kawasan Jalan A Yani beberapa waktu lalu i tidak efektif. Bahkan, dinilai cukup mengganggu arus lalu lintas dan alat yang dipasang rentan rusak.

“Berdasarkan pengalaman terdahulu, pemasangan stick cone tidak efektif, rentan rusak dan mengganggu lalu lintas,” katanya.

Meski hanya sebatas wacana, Eddy menyebut, kota sebesar Jakarta pun sudah tidak lagi memasang stik cone di sejumlah ruas jalan sebagai penanda jalur roda dua hingga sepeda ini.

Oleh karena itu, politisi Demokrat ini berharap, Pemko tidak perlu lagi memasang stik cone di jalan-jalan di Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 3.248

“Sekelas Ibukota Jakarta saja sudah tidak lagi. Kita minta Pemko pun melakukan hal yang sama. Tidak ada manfaat dan hanya menghabiskan anggaran saja,” ujarnya.

Diketahui sejak dipasang sebagaimana dilaporkan pihak Dinas Perhubungan setidaknya 30 stick cone sudah mengalami kerusakan.

Kerusakan terjadi kebanyakan karena baut pada stick cone lepas akibat tertabrak pengendara. Meski tidak sampai membahayakan karena stick cone terbuat dari bahan sangat lentur.

Menurut Eddy Junaidi. stick cone tidak cocok dipasang di jalan raya, bahkan ia mengkhawatirkan bisa menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan lain.

Eddy Junaidi menyarankan stick cone yang dipasang di jalan tersebut harus diganti dengan sesuatu yang tidak membahayakan.

” Misal dengan tanda jalur khusus sepeda atau marka solid. Seperti yang sudah dilakukan di sebagian ruas jalan dalam kota dengan di cat warna hijau dan diberi logo sepeda,” tutupnya. (nid)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya