Instruksi Mendadak, Hari Lahir Pancasila Tak Diringi Kibaran Bendera

Banjarmasin, KP – Momen peringatan hari kelahiran Pancasila di Kota Banjarmasin terlihat sepi layaknya hari biasa. Bukan gegara adanya pandemi, namun hal itu dikarenakan sangat minimnya pengibarkan Bendera Merah Putih.

Padahal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Telah mengeluarkan surat telegram yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia, untuk mengibarkan bendera kebanggaan bangsa Indonesia itu saat momen peringatan hari kelahiran ideologi bangsa indonesia tersebut

Dalam surat telegram yang ditandatangani pada tanggal 28 Mei 2021 yang lalu itu tercantum enam poin. Instruksi mengibarkan Bendera Merah Putih itu tertulis di poin AAA yang berbunyi “AGAR MEMERINTAHKAN KPD PMP GARING INSTANSI PEMERINTAHAN KMA SWASTA DAN MASY UTK MENGIBARKAN BENDERA 1 KURBUK SATU KURTUP TIANG PENUH DI HALAMAN KANTR KMA GDNG DAN RMH MASINGS PD TGL 1 JUNI 2021 TTK KMA”.

Sayangnya, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin sendiri tidak membuat edaran ataupun himbauan resmi untuk menindak lanjuti telegram Kemendagri tersebut.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar mengakui bahwa instruksi berupa surat telegram tersebut diterima secara mendadak oleh pihaknya.

Berita Lainnya
1 dari 2.979

“Datangnya itu mendadak, dari infonya sore kemarin baru kami terima,” ungkapnya saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Selasa (01/06) siang.

Saking mendadaknya, bahkan menurut mukhyar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) pun tidak mengeluarkan surat edaran untuk menindak lanjuti instruksi tersebut.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa hal tersebut sudah disampaikan dan disosialisasikan kepada warga melalui masing-masing kecamatan dan kelurahan.

“Makanya yang di share (ke grup-grup Whatsapp) itu langsung foto dari surat telegramnya. Jadi sudah kita sosialisasikan ke warga,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan Kalimantan Post, tidak adanya kibaran Bendera Merah Putih tidak hanya di lingkungan pemukiman warga saja. Namun juga terjadi di Balai Kota.

Pasalnya, sampai pukul 10.30 WITA, tiang bendera yang berdiri kokoh di halaman depan gedung Balai Kota Banjarmasin itu sama sekali tidak terlihat adanya dari kibaran Bendera Merah Putih.

Kegagahan Bendera Kebangsaan Indonesia itu baru terlihat berkibar di pucuk tiang bendera di gedung pusat pemerintahan Ibukota Kalimntan Selatan ini sekitar pukul 11.40 WITA.

“Sudah kita hubungi bagian Tapem soal itu. Dan sudah ada berkibar,” tutup Mukhyar. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya