Optimis Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah Selesai Tepat Waktu

Banjarmasin,KP – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Banjarmasin optimis pembahasan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah diselesaikan sesuai target.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Rahman Nanang Riduan mengatakan, setelah dilakukan beberapa kali pertemuan, hingga saat ini dari 165 pasal sudah 50 pasal yang selesai dibahas.

“Sejauh ini dari 165 pasal baru 50 pasal yang kita bahas, meski demikian kami optimis pembahasan Raperda ini dapat diselesaikan tepat waktu untuk disahkan dan ditetapkan menjadi Perda,” ujarnya Rahmah Nanang Riduan optimis.

Kepada {KP} Senin (28/6/2021) kemarin, ia menargetkan dapat dirampungkan dalam dua bulan kedepan.

” Mudahan tidak ada halangan sehingga secepatnya ditetapkan menjadi Perda,” harapnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.252

Ia menjelaskan, Raperda yang diajukan pihak Pemko Banjarmasin ini didasari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Menyusul terbitnya PP tersebut katanya. maka Perda Kota Banjarmasin Nomor : 3 tahun 2014 tentang Pokok Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin direvisi untuk dilakukan penyesuaian.

Rahman Nanang Riduan berharap, dengan terbitnya Perda yang baru nanti, pengelolaan keuangan daerah dapat lebih profesional, akuntabel dan transparan.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil menyatakan, Raperda ini salah satu kewajiban pemerintah daerah untuk melengkapinya dalam rangka proses pengelolaan keuangan.

Meski pasal yang terdapat pada draf cukup banyak, Subhan Noor Yaumil memperkirakan, tiga kali sampai empat kali pertemuan lagi maka raperda ini sudah bisa terselesaikan. Menurutnya, pasal yang sudah dibahas berkaitan dengan ketentuan umum dan penyusunan APBD.

“Dengan demikian jika Raperda ini disahkan dan ditetapkan menjadi Perda, maka akan menjadi pedoman bagi Bakeuda dalam menyusun APBD, Penatausahaan/ Pertanggungjawaban, maupun dalam pengelolaan barang milik daerah,” demikian Subhan Noor Yaumil. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya