Sekretariat DPRD Paser Belajar Aplikasi Si Iwak Peda ke DPRD Banjarmasin

Banjarmasin,KP – Kendati baru sekitar sebulan diluncurkan inovasi TI (Teknologi Informasi) untuk pendokumentasian Peraturan Daerah Kota Banjarmasin dengan membuat Aplikasi berbasis Web Online rupanya menarik perhatian Sekretariat DPRD Kabupaten/ Kota di sejumlah daerah lain untuk membuat program aplikasi yang sama.

Salah satunya adalah Kabupaten Paser Kalimantan Timur dengan melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, Jumat (25/6/2021).

Bahkan dalam pertemuan berlangsung di Ruang Mini Kantor DPRD Banjarmasin itu rombongan diterima oleh Kabag Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin Ariyani SH.

Rombongan DPRD Kabupaten Paser dipimpin Bambang Purnomo, SH didampingi Ahmad Saufi Ul Haq, S.Sos, Andrias Sanda dan Jumri.

Bambang Purnomo mengatakan,maksud dan tujuan Sekretariat DPRD Kabupaten Paser ke Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin untuk belajar dalam meluncurkan aplikasi yang sama.

“Sebab melalui aplikasi ini masyarakat dengan mudah mengakses dan mengetahui Perda yang sudah diterbitkan,” ujar Bambang Purnomo.

Bambang Purnomo juga mengaku aplikasi oleh Sekretariat DPRD Banjarmasin dinamakan SI IWAK PEDA ini juga sangat membantu bagi Sekretariat DPRD Kabupaten Paser selaku mitra kerja lintas provinsi dalam memperoleh informasi Perda yg pernah dihasilkan dari pembahasan Perda DPRD di kota Banjarmasin.

“Salut dari kami buat rekan-rekan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin yg telah mengeluarkan ide bagus dalam menunjang fasilitasi pembahasan dan menginformasikan Perda yang diterbitkan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat melalui aplikasi online,” kata Bambang Purnomo.

Berita Lainnya
1 dari 3.188

Bambang Purnomo juga berharap aplikasi Si Iwak Peda lebih dapat dikembangkan lagi agar bisa menjadi integrasi dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang sudah diluncurkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Sebelumnya Kabag Perundang- Undangan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin Ariyani SH menjelaskan, aplikasi dinamakan SI IWAK PEDA Sistem Informasi Wadah Andakan Peraturan Derah. Pembuatan aplikasi SI IWAK PEDA ini baru diluncurkan 24 Mei 2021.

“Aplikasi ini berbasis web online sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet,” ujar Ariyani.

Menurutnya salah satu manfaat yang juga sangat dirasa dengan adanya aplikasi SI IWAK PEDA ini adalah pada rapat-rapat anggota DPRD Kota Banjarmasin baik rapat dengar pendapat maupun rapat lainnya dengan SKPD terkait soal peraturan daerah.

Ia menandaskan anggota DPRD Kota Banjarmasin dalam rapat-rapat yang ada kaitannya dengan Peraturan Daerah cukup dengan mengakses link web Aplikasi SI IWAK PEDA, maka Peraturan Daerah yang diinginkan akan dapat diakses dengan cepat.

“Selain itu juga memudahkan bagi DPRD dari daerah lain dalam melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Kota Banjarmasin dalam rangka studi komparatif maupun koordinasi tupoksi kedewanan.

Aplikasi ini lanjutnya sekaligus untuk menambah wawasan literasinya bagi yang ingin meminta terkait dengan dokumen Peraturan Daerah Kota Banjarmasin.

“Para tamu bisa langsung mengakses atau melalui dengan fasilitas yang sudah disediakan di Kantor Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin berupa Komputer dan printer yang bisa diprint sendiri oleh tamu yang berkunjung,” demikian kata Ariyani. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya