Pemkab HSS Jalin Mou dengan Kemenkumham Kalsel

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjalin nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU), dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel).

MoU ditandatangani Bupati HSS Achmad Fikry dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Tejo Harwanto, Kamis (3/6/2021) di Aula Hotel Qiana Inn Kandangan. 

Isi kesepakatan berkaitan dengan pembentukan pelayanan, pengembangan budaya hukum, pembinaan pemasyarakatan, serta penghormatan dan pemenuhan HAM di Kabupaten HSS. 

Bupati HSS Achmad Fikry menyambut baik dijalinnya kesepahaman itu, yang menurutnya akan sangat membantu pihaknya.

Achmad Fikry berharap, kerjasama yang dilakukan dapat terus dipertahankan dan lebih tingkatkan guna mendukung terwujudnya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten HSS. 

Berita Lainnya
1 dari 501

“Sangat bersyukur diadakan kegiatan ini. Ini bukan yang terakhir dan kita akan terus bersinergi ke depannya,” tuturnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Tejo Harwanto menjelaskan, kesepakatan bersama itu bertujuan untuk pengembangan pembangunan hukum, di mana hukum yang ada di tingkat kabupaten tidak bertentangan dengan di tingkat provinsi sampai tingkat nasional.

“Kesepakatan itu juga untuk mewujudkan produk hukum daerah yang berkualitas, dan tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan kesusilaan. Lalu, untuk meningkatkan peran perancang peraturan perundang-undangan dalam setiap tahapan pembentukannya di daerah,” tambahnya.

Serta, mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang hukum dan perundang-undangan atau penyuluh hukum di daerah. Hal itu melalui pembinaan kelompok-kelompok sadar hukum yang terbentuk di kelurahan, desa maupun sekolah. 

Ia berharap, makin memperkuat sinergisitas yang selama ini telah terbangun dalam produk hukum daerah, dan berimplikasi pada peningkatan peran pihaknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya