Penerimaan Catar Taruna-Taruni Poltekip dan Poltekim, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Buka Tahapan CAT SKD di BKN Regional VIII Banjarmasin

Banjarbaru, KP – Pelaksanaan Seleksi Calon Taruna – Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) kembali digelar pada tahun 2021 ini. Kedua sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM tersebut membuka kembali penerimaan para peserta ajar baru dan memasuki tahapan tes CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan pada Rabu (02/05/2021). Untuk wilayah Kalimantan Selatan, tes CAT bertempat di Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara Banjarmasin di Banjarbaru.

Kegiatan seleksi ini diikuti oleh 224 peserta yang terdaftar yang dibagi menjadi tiga sesi. Pelaksanaan seleksi dipantau oleh para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan didampingi Tim Panitia Seleksi Kantor Wilayah dan melihat secara langsung proses seleksi para calon taruna-taruni tersebut.

Keberadaan Poltekip dan dan Poltekim memang belum diketahui seluas beberapa sekolah kedinasan lainnya, namun animo dan minat masyarakat mendaftarkan putra-putrinya semakin tinggi. Hai ini dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti, terlebih pada tahun ini seleksi CAT Seleksi Kompetensi Dasar dilaksanakan di daerah masing-masing.

Sebagai informasi, Poltekip merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum ddan HAM yang membentuk kader-kader yang memiliki keahlian khusus di bidang pemasyarakatan, sedangkan Poltekim menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Terkini, kedua lembaga pendidikan kedinasan tersebut kini memiliki strata pendidikan Diploma IV.

Berita Lainnya
1 dari 3.587

Di Kalimantan Selatan, kegiatan tes CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah, Tejo Harwanto yang menyampaikan pesan bagi para peserta bahwa seleksi bersih dari segala bentuk pungutan liar.

“Seleksi penerimaan calon Taruna-Taruni Poktekip dan Poltekim itu tidak dipungut biaya yang tentunya hasil yang didapat itu semua tergantung oleh usaha dari peserta sendiri dan atas izin dari Allah SWT, hal ini tentu tak lepas dari koordinasi bersama Kantor Regional VIII BKN Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah banyak membantu kami dalam mewujudkan seleksi yang berkualitas dan tentunya berintegritas,” ucapnya, didampingi oleh Plt. Kepala Divisi Administrasi, Ngatirah, Kepala Regional VIII BKN, A. Darmuji, Kepala Bagian Kesra Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Agus Salim perwakilan panitia penerimaan pusat yang memonitor proses Seleksi Catar di Kalimantan Selatan, dan Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg VIII BKN, Ari Budiarso.

Setelah membuka kegiatan seleksi, Kakanwil beserta rombongan melihat langsung proses aktivitas seleksi, mulai registrasi peserta sampai proses pengerjaan soal CAT, dimana hasil jawaban dari peserta bisa disaksikan langsung secara real time dari ruang monitor yang menunjukkan skor yang diperoleh peserta setelah mengerjakan tes. Kegiatan seleksi dilaksanakan di dua gedung terpisah milik Kantor Regional VIII BKN dengan tetap memperhatikan protol kesehatan.

Di sela pelaksanaan tes CAT, tim Humas Kantor Wilayah mewawancarai salah satu peserta seleksi calon taruna, yakni Muhammad Noval yang menceritakan pengalamannya selama persiapan mengikuti seleksi.

“Selama persiapan mengikuti seleksi, saya mengikuti beberapa latihan mengerjakan soal-soal untuk CAT baik online maupun secara offline selain melakukan latihan fisik untuk persiapan selanjutnya, dan alhamdulillah hasil seleksi hari ini sesuai dengan harapan,” ujarnya seraya bersyukur.

Setelah tahap seleksi CAT, para peserta yang dinyatakan lulus nantinya akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya, dan jika tidak mengalami perubahan akan dilakukan tes kesehatan dan psikologi serta SKB Kesamaptaan. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya