Peringati HLHS Tanam Mangrove Dan Resmikan Wisata Mangrove Pagatan Besar

Pelaihari, KP – Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021 dengan tema Restorasi Ekosistem ditandai dengan penanaman bibit mangrove dan peresmian wisata alam Hutan Mangrove Pagatan Besar Oleh Assisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tala, Ahmad Hairin, bertempat di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung, Sabtu (5/6/2021).

Ahmad Hairin dalam sambutannya mengatakan restorasi ekosistem lingkungan hidup dilihat dari perkembangannya hari ke hari tidaklah bertambah baik, melainkan bertambah rusak dan dengan dasar ini membuat semua orang wajib memperhatikan dan menjaganya.

“Sekarang, karna bertambahnya jumlah penduduk dipastikan berdampak pada berkurangnya lahan hijau, sehingga ini menjadi kewajiban kita bersama untuk terus memelihara dan menjaga alam bersama,” ucap Ahmad Hairin.

Berita Lainnya

Tala Akan Miliki TP2DD

1 dari 416

Ia melanjutkan, hutan mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai aspek, di antaranya fisik, ekologi, dan ekonomi.

Dari aspek fisik, mangrove mempunyai akar yang banyak dan batangnya kokoh sehingga mampu mencegah gelombang tsunami, ombak, dan abrasi air laut sehingga tidak salah dalam memilih tempat untuk memperingati HLHS.

“Dari aspek ekologi, mangrove berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan menyerap polutan dari udara. Bahkan, mangrove dapat menyerap emisi karbon 4-5 kali lebih besar dari pada hutan di daratan. Dengan demikian keberadaan hutan Mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Mangrove juga berfungsi sebagai habitat, tempat hidup dan berkembang biak bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lain,” paparnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Muhammad Mursyi, mengatakan dalam rangkaian kegiatan peringatan HLHS ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti membersihakan aliran sungai di Jalan Sawahan-Beramban, Gotong Royong dan penanaman pohon di RTH Hasan Basri, penanaman pohon disetiap dinas serta kegiatan pada hari ini. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya