Pj Gubernur Optimis Potensi Daerah Dapat Ditingkatkan

Banjarmasin, KP – Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA optimis terhadap peningkatan potensi daerah Kalsel, yang tercermin dari pemulihan akibat Covid-19 dan perbaikan infrastruktur pasca bencana banjir.

“Kondisi ini yang mendorong perekonomian bergerak positif, memacu daya beli, produktivitas dan kemampuan pemenuhan kewajiban membayar pajak dan retribusi daerah mengalami peningkatan,” kata Safrizal pada paripurna dewan, Kamis (24/6/2021), di Banjarmasin.

Hal tersebut disampaikannya saat menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Anggaran (LPPA) tahun anggaran 2020.

Safrizal mengatakan, Pemprov Kalsel akan terus berbenah memperbaiki berbagai kelemahan dan kekurangan yang terjadi.

“Insya Allah, kita mampu menyongsong hari depan yang lebih indah bagi kemajuan provinsi Kalsel,” ungkap Safrizal, pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK.

Berita Lainnya
1 dari 856

Sedangkan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan daerah, melalui intensifikasi potensi pendapatan daerah terus diupayakan pendataan, perluasan potensi dan perubahan mengenaan tarif yang wajar dan adil.

“Juga tidak membebani masyarakat dan pelaku usaha berdasarkan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Safrizal mengakui, Pemprov memang menghadapi tekanan berat dari sisi pendapatan di masa pendemi Covid-19, sehingga kemampuan finansial masyarakat dan pelaku usaha menurun.

Hal ini berakibat pada rendahnya konsumsi, produksi dan kemampuan membayar pajak maupun retribusi daerah. “Dengan pulihnya kesehatan, sosial dan perekonomian, maka rasionalitas rencana penerimaan pendapatan lebih dititikberatkan berbasis kinerja,” tegas Safrizal.

Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengatakan, Pemprov Kalsel telah menjalankan pemerintah dengan cukup baik.

“Kita berharap sinergi antara eksekutif dan legislatif ini dapat dilanjutkan dengan baik,” katanya. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya