Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Proyek Pile Slab Jembatan HKSN 1 Dilanjutkan Lagi

×

Proyek Pile Slab Jembatan HKSN 1 Dilanjutkan Lagi

Sebarkan artikel ini
KERJAKAN - Jembatan HKSN 1 yang proyeknya bakal dikerjakan di tahun ini. (KP/Zakiri)

Banjarmasin, KP – Pengerjaan proyek Jembatan HKSN 1 dipastikan berlanjut tahun ini dengan menyambung pile slab jembatan ke arah Kuin Cerucuk.

Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Jembatan di Dinas PUPR, Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiarto menjelaskan bahwa pelaksanaannya nanti, mungkin bakal menimbulkan sedikit gangguan kenyamanan pengguna jalan.

Android

Maklum, pengerjaannya sendiri menyambungkan bagian tengah jembatan yang baru dibangun. Yang tentunya, akan menyeberang badan jalan yang ada di sisi kawasan Kuin Cerucuk.

“Tapi kami upayakan dengan tidak melakukan penutupan jalan. Sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas masyarakat,” ucapnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya, kemarin (9/6) siang.

Untuk itu. Sebelum melakukan penyambungan tersebut, pihaknya akan mengerjakan bagian pile slab di sekitar lengkungan jembatan terlebih dahulu. Yang panjangnya, sekitar 170 meter.

Sigit juga mengatakan hingga kini pengerjaan jembatan sudah sampai 35 persen.

Terpisah. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengungkapkan bahwa pengerjaan proyek jembatan tahun ini sudah dilelang dan sudah ditemukan pemenangnya.

Bahkan menurutnya, sudah dilakukan rapat konstruksi. Termasuk pengeboran untuk mengukur kedalaman tiang jembatan di sejumlah bagian.

“Bagian yang banyak tiang pancangnya, itu yang dikerjakan tahun ini. Memakan anggaran sebesar Rp 22,8 miliar,” tambahnya.

Ditanya terkait bagaimana dengan proses pembebasan lahan, Doyo mengklaim bahwa lahan yang menjadi sasaran pengerjaan tahun ini sudah dibebaskan.

Seperti yang diwartakan sebelumnya. Untuk memuluskan proyek pembangunan Jembatan HKSN 1 di tahap kedua alias tahun ini. Sedikitnya ada 46 persil lahan atau bangunan rumah yang bakal dibebaskan.

Rinciannya, 21 persil di Kawasan Kuin Cerucuk dan 25 persil di HKSN. Diketahui, anggaran yang digunakan pada pembebasan lahan tersebut sekitar Rp 33 miliar. (Zak/K-3)

Iklan
Iklan