Rugikan Penumpang, Hati-hati dengan Calo Tiket

Penumpang bus di kawasan Terminal Km 6 Banjarmasin harus berhati-hati dalam membeli tiket, karena disinyalir calon tiket yang menipu calon penumpang.

BANJARMASIN, KP – Beredarnya kabar di sosial media soal adanya oknum calo penjual tiket perjalanan di Kawasan Terminal Km 6 Banjarmasin, ramai diperbincangkan warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun instagram @kabarbanuakalsel, diduga terdapat salah satu korban penipuan penjualan tiket di Terminal KM 6 Banjarmasin bernama Abdul, merasa tertipu dengan 2 orang calo penjual tiket.

Warga yang berasal dari Kota Surabaya tersebut ingin menuju Samarinda. Dan mengaku tertipu pembelian tiket sebesar Rp250 ribu.

“Saya dari Surabaya mau menuju Samarinda. Di terminal Km 6 Banjarmasin saya barusan ketipu sama dua orang calo atau preman. Dari pagi jam 4 tadi saya turun disini ditawarkan calo tersebut tiket. Karena terus dipaksa saya iyakan saja. Dan sampai siang ini belum dapat tiketnya, uang saya dibawa lari Rp250 ribu,” tulisnya dalam akun tersebut.

Menanggapi itu, Kepala UPTD Terminal Km 6 Banjarmasin Rusma Khazairin, mengatakan, bahwa kejadian tersebut terjadi bukan di kawasan Terminal KM. 6 Banjarmasin, melainkan di seberang terminal yang menurutnya bukan menjadi tanggung jawab pihaknya.

“Ini kejadian di kawasan terminal pal 6 tetapi bukan di lokasi terminal yang menjadi tanggung jawab kami,” ucapnya kepada awak media, melalui pesan singkat, Jumat (11/06) pagi.

Rusma pun menyarankan untuk mengkonfirmasi pihak Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) XV Provinsi Kalimantan Selatan, terkait hal tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 3.548

“Sebenarnya akan lebih menarik kalau masalah ini ditanyakan ke pihak BPTD yang menangani AKAP, bagaimana mereka menindaklanjutinya,”katanya.

Namun, disamping itu, ia berharap, agar kiranya pihak yang berwenang dalam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yakni kepolisian bisa lebih intens lagi melakukan patroli rutin terutama pada jam-jam rawan.

“Bila perlu silahkan tempatkan petugas secara rutin di lokasi terminal. Kita akan bantu penyediaan tempatnya,” ujarnya.

Rusma juga menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, baik terkait barang-barang bawaan, maupun dalam hal pembelian tiket.

“Jangan membiasakan melalui calo, belilah di loket resmi dengan tiket bukan dengan kuitansi yang tidak jelas pertanggungjawabannya,” tukasnya.

“Tunggu hingga loket buka. Biasakan bertanya atau meminta informasi hanya kepada petugas yang memang resmi dalam bertugas,” tutupnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Timur, Iptu Timur Yono mengaku, sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan laporan dari korban terkait kejadian tersebut.

“Sampai saat ini belum ada laporan,” ungkapnya singkat kepada awak media, melalui pesan singkat WA. (zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya