Sertifikasi Aset Daerah
Wabup HSS Usulkan Kementerian Tambah Sumber Daya

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi program strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia (RI), Sabtu (12/6/2021) di Hotel Mercure Banjarmasin.

Rakor dan sosialisasi itu mengundang para kepala daerah, pimpinan DPRD, serta pejabat terkait lingkup provinsi, kabupaten dan kota se Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wabup HSS Syamsuri Arsyad mengaku bersyukur, banyak banyak hal yang didapatkan dalam sosialisasi bersama Kementerian ATR/BPN dan Anggota Komisi II DPR RI itu.

“Banyak hal tadi disampaikan, termasuk nanti bagaimana tentang kegiatan penyertifikatan tanah yang diberikan secara gratis,” tuturnya.

Pada kesempatan kegiatan itu, Syamsuri Arsyad menyampaikan usulan ke Kementerian ATR/BPN, agar ada penambahan sumber daya manusia dalam rangka pemenuhan pengelolaan tata aset. Sebab menurutnya, aset Pemkab HSS dapat dikatakan sangat luas.

Berita Lainnya
1 dari 532

“Dari sekitar 3.500 an ruas jalan serta aset Pemkab selain ruas jalan, dengan sumber daya yang ada mungkin akan kesulitan dalam pemenuhan penyertifikasiannya,” ujarnya, membeberkan.

Syamsuri Arsyad mengaku gembira, usulan itu mendapat respon positif dari Kementerian. Selanjutnya, pihaknya dalam waktu dekat segera menindaklanjuti prosesnya.

“Respon kita mungkin akan mengirimkan surat kepada Kanwil, agar mereka dapat mendrop tenaga untuk menyertifikasi tanah sesuai target yang disarankan oleh KPK RI,” jelasnya.

Ia berharap, tahun ini target penyertifikasian tanah milik Pemkab HSS dan masyarakat dapat terpenuhi.

“Tentu menjadi harapan kita semua agar masyarakat dapat dengan sukarela mendaftarkan tanah secara gratis, sehingga nantinya tidak ada permasalahan tanah di kemudian hari,” pungkasnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, Kepala Bpelitbangda HSS Arlian Syahrial, Kepala Dinas PUTR Kab HSS Tedy Soetedjo, dan Kepala Dispera KPLH HSS Ronaldy Prana Putra. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya