Atlet dan pelatih PON XX Papua
Jalani Swab antigen KONI Kalsel

KONI Kalsel bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota, melaksanakan Swab Antigen untuk atlet dan pelatih yang akan mengikuti PON XX Papua tahun 2021

BANJARMASIN, KP – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanaan swab antigen Sabtu,(10/7/2021)kepada para atlet dan pelatih yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Ketua KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama mengatakan, langkah ini sebagai antisipasi agar tim Kalsel yang ikut dalam PON Papua tidak kebobolan.

“Karena sayang, kita membina cukup lama sejak 2017 apalagi nanti mereka atlet andalan kita,” ujar Bambang Heri Purnama yang didampingi Wakil Ketua KONI HM Welny, Kabid dan Wakabuid Binpres KONI serta pengurus lainnya.

Dikatakannya, Kalau keadaan darurat, pelaksanaan swab antigen akan digelar dua minggu sekali, yang mana dalam keadaan normal pihaknya melakukan satu bulan sekali saja.

“Kita tidak mau atlet positif atau reaktif, lebih dini diantisipasi kalau pun ada akan diatasi dengan secepatnya,” lanjutnya.

Bagi hasil yang dinyatakan positive akan langsung ditangani tim kesehatan yang dimiliki KONI Kalsel. Dimana, jelas ia, bagi yang dinyatakan reaktif swab antigen akan langsung dilakukan PCR dan dirawat.

Selain itu melonjaknya angka kasus Covid-19 di Pulau Jawa. juga berdampak pada persiapan yang mengharuskan para atlet tidak keluar daerah, untuk melakukan uji coba ataupun pemusatan laihan (tainingcamp dan triout).

Peserta yang mengikuti swab ini tidak hanya dari atlet dan pelatih, namun juga yang melakukan kontak langsung dengan mereka seperti tim Wasaka (waja sampai kaputing), pengurus dan staf KONI Kalsel, serta para wartawan yang biasa melakukan peliputan di lingkungan KONI Kalsel.

Menurut Gusti Perdana hal ini sebagai antisipasi adanya Orang Tanpa Gejala atau (OTG) yang bisa menularkan Covid-19. “Kita menjaga jangan sampai ada dan menularkan kepada yang lain,” ucapnya.

Berita Lainnya

Kalsel Siap Ikuti PON XX Papua

Kalsel Siap Ikuti PON Papua

1 dari 402

Adapun dalam pelaksanaan tersebut digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Vaksinasi

Sebelumnya pada bulan Mei 2021 lalu, KONI Kalsel juga melaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua, untuk atlet Wasaka (Waja Sampai Kaputing) yang mengikuti PON XX tahun 2021 Papua.

Tim dokter KONI Kalsel diwakili dr Muhammad Bimo Harmadji mengatakan, semua peserta yang datang lolos tahapan screening Covid-19 untuk kemudian dapat diberikan vaksinasi kedua. Peserta terdiri dari atlet, pelatih Wasaka, pengurus dan staf KONI kalsel.

Vaksinasi ini bagi para atlet bertujuan untuk mengikuti Pekan Olahraha Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua.

“Alhamdulillah, semua dinyatakan lolos screening, sekitar 150 orang yang mengikuti vaksinasi kedua ini dalam keadaan sehat,” ujar Dr Bimo.

Menurutnya para peserta antusias mengikuti program lanjutan vaksinasi Covid-19 yang mengalami penambahan dari jumlah sebelumnya. Hal ini karena beberapa atlet dan pelatih yang berhalangan mengikuti vaksin pertama dapat berhadir.

Bagi para atlet dan pelatih yang baru pertama vaksinasi, dapat dilakukan vaksinasi kedua di Puskesmas Karang Mekar atau Puskesmas Gadang Hanyar yang telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Banjarmasin.

Dr Bimo mengimbau agar peserta tidak melakukan aktivitas berat setelah divaksin dan istirahat dengan cukup.

“Agar vaksinasi yang sudah diberikan prosesnya di dalam tubuh tidak terganggu,” paparnya. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya