Bupati Tapin Hijaukan Bantaran Sungai Desa Hiyung

Rantau, KP – Setelah melakukan aksi bersih-bersih sungai dan pembongkaran rumah di bantaran sungai, sepanjang Jalan Hakim Samad Kecamatan Tapin Tengah, Pemerintah Kabupaten Tapin kembali menghijaukan dengan sejuta pohon pada giat Revolusi hijau serentak se 13 Kabupaten Kota Se kalimantan Selatan.

Bertempat Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, Bupati Tapin HM Arifin Arpan melakukan penanaman pohon bantaran sungai dan dikuti oleh Pimpinan Muspida Tapin, KPH Hulu Sungai, Organisasi kemasyaratan pencinta Lingkungan dan Pelajar Tapin, Jumat (09/7/2021) kemarin pagi.

Tidak hanya itu, Bupati Juga melakukan penebaran ikan lokal jenis Papuyu atau ikan Betok, dalam rangka membudidayakan ikan lokal agar tidak punah.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, penanaman satu juta pohon atas instruksi Gubernur Kalimantan Selatan, Danrem 101 Antasari, Kapolda Kalimantan Selatan untuk melakukan penghijauan secara bersama-sama di 13 Kabupaten Kota Se Kalimantan Selatan.

“Termasuk daerah kita Kabupaten Tapin ikut serta mensukseskan revolusi hijau penanaman pohon satu juta pohon bersama TNI dengan menanam pohon di bantaran sungai sepanjang jalan Hakim Samad Desa Hiyung Kec Tapin Tengah Kab Tapin,“ ujar Bupati Tapin.

Berharap pohon yang kita tanam ini dapat tumbuh bagus dan subur dan alam kembali hijau danmampu meningkatkan kualitas udara yang menjadi sumber penting dalam kehidupan semua makluk di dunia.

Berita Lainnya
1 dari 266

Dipilihnya bantaran sungai ini lokasi penanaman pohon ini, upaya pemerintah menjadikan sungai menjadi bersih dari sampah dan tidak ada lagi berdiri bangunan liar di sepanjang sungai dan sebagai peneduh jika nanti dapat tumbuh subur.

“Jadi bantaran sungai yang berada di sepanjang jalan H Hakim Samad Desa Pematang Karangan Hilir, Pandahan dan Desa Hiyung terus kita hijaukan sehingga dapat terlihat bersih dan hijau nantinya,“ ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin H Nordin MS mengatakan, penanaman sejuta pohon melibatkan TNI, Program Dinas Kehutanan dan Perkebutan Prov Kalsel yakni revolusi hijau.

Adapun jenis pohon yang ditanam ada jenis peneduh dan buah-buahan, untuk peneduh di tanam yaitu diantaranya pohon mahoni, bungur kemudian pohon buah buahan yaitu durian, alfukat, dan tabubuya.

Berharap pohon-pohon yang ditanam ini, warga desa setempat bisa menjaga dan memeilihara agar tetap tumbuh dan subur yang mana untuk kelestarian alam banua kita menjadi lebih baik dan hijau.

Mudahan penanaman pohon dibantaran sungai dapat mendongkrak indeks kualitas lahan di kabupaten Tapin, karena indeks kualitas lahan di Tapin.

Dalam penanam pohon juga di barengi dengan penebaran benih ikan lokal jenis Papuyu atau Betok dan penyerahan dua unit motor tiga roda untuk mengangut sampah di terima kepala desa Desa Hiyung. (abd/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya