Kebutuhan Obat di Katingan Selalu Kurang

Kasongan, KP – Ternyata bukan hanya Tenaga Kesehatan (Nakes) saja yang kurang, tapi kebutuhan obat-obatan juga sangat kurang. “Khususnya untuk di wilayah hulu Katingan,” kata Gimmak Bulingan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah+DPRD) Kabupaten Katingan . Ucapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah media, Jum’at (23/7/2021)

Terungkapnya kekurangan obat-obatan dimaksud menurutnya, saat dirinya melakukan kunjungan ke sejumlah Pustu dan Puskesmas di beberapa wilayah hulu Katingan, dalam rangka reses bersama anggota DPRD lainnya, pekan lalu.

Kekurangan obat-obatan di Pustu dan di Puskesmas dimaksud menurut pengakuan dari sejumlah masyarakat setempat saat berobat ke Puskesmas atau ke Pustu. Ketika berobat ke Pustu atau ke Puskesmas, oleh nakes yang memeriksa selalu diberi resep untuk mengambil obat di apotek setempat. “Namun, ketika mau mengambilnya, pasti ada obat yang kosong. Sehingga pasien harus menebus atau membeli di apotek luar,” ujar Gimmak.

Berita Lainnya
1 dari 114

Hal seperti ini menurutnya tidak hanya terjadi di Pustu saja, tapi juga di Puskesmas. Dan, terjadinya pun tidak hanya satu atau dua kali saja. Tapi berkali-kali. Padahal ketika berobat, mereka menggunakan kartu BPJS Kesehatan, baik BPJS Kesehatan Mandiri yang dibayar sendiri maupun BPJS yang dibayar oleh Pemkab Katingan.

Meskipun di Pustu ataubdi Puskesmas kekurangan obat-obatan, namun ketika pasien berobat di rumah pribadi nakes, obat selalu lengkap. Setelah dilakukan pemeriksaan, nakes selalu memberikan obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien. Mungkin saja, obat-obatan yang ada di rumah tersebut, atas inisiatif nakes sendiri, dengan uang pribadinya membeli obat-obatan

“Sehingga, jika nakes dibayar saat betobat di rumah pribadi nakes, masyarakat selain dapat memaklumi, juga ikhlas membayar atas pelayanan nakes yang bersangkutan,” aku anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah ini hingga Bukit Raya ini.

Sehubungan dengan itulah, legislator PDI Perjuangan ini meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, dalam pendistribusian obat-obatan bisa dimaksimalkan. “Sehingga, ketika masyarakat butuhkan, segera diberikan,” harap anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya