Pemkab Tapin Siapkan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, menggelar pertemuan dengan semua SKPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin, untuk persiapan menghadapi evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin. Selasa (06/juli 2021) bertempat Aula Sekretariat Daerah Kawasan Rantau Baru.

Pertemuan langsung di pimpin Sekretaris Daerah Kab Tapin H Masyraniansyah di damping Staf Ahli Bidang Pemerintahan Fiqri Irmawan dan Kepala Bagian Organisasi Nai’mah.

Sementara rapat diikuti semua Kepala Satuan Perangkat Daerah Lingkungan Pemkab Tapin dan dilaksankan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan menggunakan masker.

Sebelum membuka pertemuan, Sekretaris Daerah Tapin Masyraniansyah mengatakan, pertemuan ini adalah lanjutan sebagaimana yang di sampaikan Bupati Tapin beberapa waktu lalu dihadapan semua SKPD Camat dan Bagian di LIngkungan Pemerintah Kabupaten Tapin dalam rangka untuk mengevaluasi berkaitan dengan Reformasi dan Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP).

“Pertemuan ini untuk melihat sampai sejauhmana yang sudah dilakukan SKPD, Bagian dan Camat di Lingkungan Pemkab Tapin pelaporan data terkait semua pelaksaan kegiatan dimasing-masing satuan sebelum disampaikan untuk di evaluasi oleh Kementrian PANRB RI, “ ujar Sekda.

Untuk diketahui bahwa pada tanggal 05 sampai 16 juli 2021 ada kegiatan proses penginputan data dukung di semua kegiatan di satuan SKPD dan dilakukan secara online, untuk itu jangan sampai data yang sudah diopload  ternyata tidak masuk, hal ini perlu menjadi perhatian bersama.

Berita Lainnya
1 dari 264

“Jadi saya meminta kepada masing-masing satuan SKPD yang ditugasi mengopload data agar memperhatikan masuk tidaknya data yang disampaikan,“ pesan Sekda.

Berharap setelah pertemuan ini hari ini, kita kembali lagi kegiatan sakip, sekali lagi kami berharap seluruh SKPD baik camat dan bagian jaga kesehatan dan patuhi prokes agar yang kita harapakan bisa tercapai.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin Nai’mah mengatakan, pertemuan ini untuk sebagaimana sejauh mana hasil dari Tim Pemerintah Daerah terkait data dukumen sudah dilaporkan masing-masing SKPD terkait kegiatannya apakah sudah sesuai atau belum. Selanjutnya nantinya kalau sudah siap tim menyampaikan ke Kementrian RB RI untuk dilakukan evaluasi.

“Berharap semua kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah sesuai dengan apa yang menjadi evaluasi penilaian Kementrian PANRB, “ harapnya.

Sebelum dilakukan evaluasi Kekementrian PAN RB, masing-masing SKPD mengisi dan menjawab pertanyaan sebanyak 230 pertanyaaan. Pertanyaan sebuah seputar kegiatan masing-masing satuan dengan data bukti. Namun sebelum disampaikan terlebih dahulu Tim Pemerintah Daerah memilah-milah dari masing-masing satuan SKPD layak tidaknya diajukan.

Berharap masing-masing SKPD yang menanganinya dapat mengatahui apa yang menjadi poin penilaian dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi masing-masing dan yang disampaikan sesuai.

Untuk selanjutnya beralih ke penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) yang mana tahapannya harus terlbih dahulu evaluasi pelaksanaan Repformasi Birokrasi (RB) Kementrian PANRB RI. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya