Peningkatan dan Pembuatan Jalan Harus Melihat Kebutuhan

Kasongan, KP – Peningkatan dan pembuatan ruas dan atau badan jalan, sebelum direncanakan, harusnya dilihat dulu dari sisi kebutuhannya. Ketegasan ini diungkapkan oleh wakil ketua (waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP kepada sejumlah media, Jumat (16/7/2021)via telpon selulernya.

Menurutnya, jangan hanya sekedar di lokasi kepentingan tertentu saja atau lantaran keinginan dinas sebagai leading sektornya saja. “Tapi, untuk kepentingan masyarakat dan dilihat dari sisi kebutuhan serta prioritas,” terang legislator parpol berlambang pohon beringin ini.

Misalnya, di suatu tempat dibangun perumahan oleh pengembang (developer), penghuninya lumayan banyak. Selain bangunan tempat tinggal, di lokasi tersebut juga berdiri tempat ibadah atau tempat pendidikan (sekolah) dan lain sebagainya. Akan lebih baik lagi, jika jalan tersebut bisa tembus ke beberapa jalan lainnya. Kalau syarat seperti ini terpenuhi, dinas terkait wajib untuk memprioritaskan untuk meningkatkan jalan tersebut.

” Tadinya hanya berupa jalan biasa, bisa saja dianggarkan melalui APBD Kabupaten Katingan untuk ditingkatkan, hingga sampai pada pengaspalan,” terangnya.

Tetapi, jika di sekitar jalan tersebut tidak bisa tembus ke jalan-jalan lainnya (buntu), dan di sekitarnya tidak ada tempat pendidikan atau tempat ibadah, menurutnya, dinas terkait harus mempertimbangkan terlebih dahulu.

Berita Lainnya
1 dari 95

“Memang semuanya untuk kepentingan masyarakat, namun sebaiknya dilihat dulu dari sisi kebutuhannya,” tegasnya.

Sebab, untuk di Kabupaten Katingan Katingan ini menurutnya, masih banyak pembangunan infrastruktur, terutama di bidang jalan yang harus menjadi prioritas untuk dianggarkan.

“Intinya, dahulukanlah lah pembangunan yang benar-benar menjadi prioritas,” harapnya.

Terkait dengan peningkatan hingga pengaspalan di Jalan Durian, di sekitar Jalan utama Soekarno Hatta kecamatan Katingan Hilir yang dikerjakan mulai Juli 2021 saat ini menurut Nanang, memang harus dilanjutkan. Karena, selain benar-benar dibutuhkan sebagai jalan tembus antara Jalan Soekarno Hatta menuju jalan trans Kalimantan’ yakni Jalan Tjilik Riwut, di sekitar jalan tersebut juga berdiri sejumlah tempat ibadah dan tempat pendidikan.

“Ini sudah merupakan keharusan bagi Dinas PUPR Perhubungan untuk memprioritaskannya,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya