13,657 KK di Banjarmasin Terima Bansos PKH

Untuk PKH setiap KK bantuan diberikan bervariasi dari Rp 600 ribu dan maksimal Rp 900 ribu perbulan

BANJARMASIN, KP – Sebanyak 13,657 Kepala Keluarga (KK) di Kota Banjarmasin menerima pencairan bantuan sosial (Bansos) dari Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga.

” Selain PKH juga sudah disalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Di Banjarmasin tercatat sebanyak 24 ribu KK penerima BPNT,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto.

Sebelumnya kepada {KP} Senin (30/8/2021) Iwan Ristianto mengemukakan. terkait penyaluran bantuan PKH maupun BPNT sama sekali tidak ada kaitanya dengan warga yang terdampak Covid-19.

” Ataupun terhadap warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV yang hingga kini masih diterapkan di Banjarmasin,” ujarnya.

Menurutnya, PKH merupakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial yang diberikan untuk warga miskin. Tujuannya dalam rangka untuk mempercepat dalam menanggulangi masalah kemiskinan.

Sedangkan BPNT ujarnya, adalah bantuan sosial dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada warga miskin atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Berita Lainnya
1 dari 3.568

Iwan Ristianto mengatakan. baik PKH maupun BPNT disalurkan pemerintah kepada KK yang berhak menerimanya pada setiap bulan.

Disebutkan untuk PKH setiap KK bantuan diberikan bervariasi dari Rp 600 ribu dan maksimal Rp 900 ribu perbulan.

Khusus bantuan PKH sebesar Rp 900 ribu perbulan disalurkan jika ada lansia. Ibu hamil dan anak usia sekolah pada KK yang menerima bantuan.

“Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai nilai nominal diberikan sebesar Rp 200 ribu setiap KK,” ujar Iwan Ristianto yang juga menjabat Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Banjarmasin ini.

Menyinggung bantuan selama PPKM Level IV yang sudah hampir satu bulan ini ditetapkan, di Banjarmasin Iwan Ristianto mengatakan, bantuan diberikan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

Dijelaskan, bantuan berupa beras kepada warga isoman itu tidak disalurkan melalui melalui Dinas Sosial, tapi dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin.

” Sedikitnya ada sekitar 300 warga di Banjarmasin yang sedang menjalani isoman menerima bantuan tersebut,” katanya. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya