6 Kandidat Ramaikan Lelang Sekda Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Lelang jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin Resmi ditutup Pada Senin 16 Agustus 2021 kemarin.

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Banjarmasin, Mukhyar membeberkan, ada enam kandidat yang meramaikan sekaligus memperebutkan kursi panglima di pemerintahan Ibukota Kalimantan Selatan ini, ada yang berasal dari internal ASN Pemko Banjarmasin dan dari luar Banjarmasin.

Untuk ASN yang berasal dari internal Pemko Banjarmasin diikuti oleh lima orang. Antara lain Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Subhan Nor Yaumil, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Iwan Ristianto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat, Syafri Azmi.

Kemudian Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Iwan Fitriadi dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, Taufik Rivani.

Sedangkan satu orang dari luar daerah Pemko Banjarmasin diketahui juga ikut mendaftar seleksi lelang jabatan Sekda. Yakni Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu, Ikhsan Budiman.

“Sampai tahap pendaftaran ditutup 16 Agustus lalu, ada lima orang dari Pemko Banjarmasin dan satu orang dari Tanah Bumbu. Jadi total ada enam peserta,” ucapnya saat ditemui awak media usai upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-76, di balai Kota Banjarmasin, Selasa (17/08) pagi.

Ia mengaku memaklumi apabila ada pendaftar dari luar daerah. Pasalnya seleksi lelang jabatan Sekda Banjarmasin ink terbuka untuk umum khususnya untuk ASN dari Seluruh Kalimantan Selatan.

“Setelah ini tim pansel melanjutkan tahapan selanjutnya. Tanggal 18 Agustus 2021 akan diumumkan hasil administrasi. Atau peserta yang resmi mendaftar,” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.587

Jika berkaca dengan seleksi lelang yang sudah-sudah, Mukhyar menerangkan bahwa Tim Pansel akan memilih tiga besar peserta terbaik.

Selanjutnya, ketiga nama tersebut akan disampaikan kepada Wali Kota, Ibnu Sina untuk menentukan siapa yang terpilih.

“Biasanya diambil tiga terbaik. Lalu diserahkan hasilnya ke pimpinan. Kita harapkan akhir Agustus ini sudah terpilih Sekda definiif,” pungkasnya.

Terpisah. Kepala Bakeuda Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil mengaku, bahwa dirinya ikut mendaftar untuk meramaikan pelaksanaannya. Bahkan Subhan mengaku tidak memiliki persiapan apa-apa, cukup dengan mengikuti setiap tahapan dengan baik.

Disinggung mengenai adanya isu orang titipan yang bakal menduduki jabatan Sekda, Subhan tak ambil pusing. Ia mengaku tidak mengetahui adanya isu tersebut.

“Saya mendaftar di hari terakhir pukul 09.00 pagi. Tidak ada persiapan apa-apa, santai saja. Yang penting kita ikuti setiap tahapan dengan baik. Seperti Administrasi, kompetensi, pemaparan makalah, dan wawancara. Mengalir saja,” ujarnya singkat.

Senada dengan Subhan, Kepala Dinas Sosial, Iwan Ristianto mengaku ikut mendaftar seleksi lelang jabatan untuk mencari pengalaman. Ia mengaku tidak memiliki persiapan secara khusus, cukup menjaga kesehatan agar bisa mengikuti semua tahapan dengan baik.

Ia menceritakan, setelah membaca persyaratan mengenai peserta seleksi lelang jabatan Sekda, dirinya merasa berkesempatan untuk ikut mendaftar.

“Sekarang boleh satu kali menjabat Kepala Dinas. Tidak lagi dua kali menjabatan sebagai kepala dinas tidak lagi menjadi syarat. Intinya siapapun yang terpilih nantinya bisa mendukung visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” tuntasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya