Batola Gelar Upacara HUT RI dengan Peserta Terbatas

Marabahan, KP – Jika tahun 2020 Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) hanya digelar di Halaman Kantor Bupati, namun Tahun 2021 ini, upacara peringatan dilaksanakan di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Kendati dilangsungkan di lapangan yang cukup luas, namun panitia hanya menghadirkan peserta yang terbatas tanpa melibatkan para pelajar baik SD, SLTP, maupun SLTA.

Pasukan yang mengikuti upacara hanya 6 pleton masing-masing dari Kodim 1005 Barito Kuala, Polres, Satpol-PP, Korpri Laki-laki, Korpri Wanita, dan Pramuka. Seluruh peserta upacara diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI di Batola ini bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Hj Noormiliyani AS, Perwira Upacara Iptu Asep Dedi Hermawan SE (Kasi Intel Polres Batola), dan Komandan Upacara Ipda Perti Anggono (Kaur Binopsal Sat Intelkam Polres Batola).

Sementara yang bertugas sebagai pengibar bendera merah putih M Akmal Nizami dari SMAN 1 Marabahan, Muhammad Ayub Yulistio dari SMKN 1 Marabahan, dan Ahmad Nawawi dari MAN 1 Tabunganen. Sedangkan yang bertugas sebagai pembawa bendera Anggun Melanie Putri dari SMAN 1 Alalak.

Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 RI di Batola yang dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, dan seluruh anggota forkopimda beserta para pimpinan organisasi wanita, para pimpinan SKPD, bagian, satuan kerja, instansi, BUMN dan BUMD ini juga dilengkapi korsik dari Drumband Generasi Muda Selidah Marabahan, dan paduan suara dari Pelajar Ije Jela Marabahan.

Upacara pengibaran bendera merah putih di Batola yang dimulai pukul 08.00 Wita ini diawali laporan Perwira Upacara Iptu Asep Dedi Hermawan SE dilanjutkan penghormatan pasukan dipimpin Komandan Upacara Ipda Perti Anggono.

Berita Lainnya

Wabup Bawa Bantuan dan Relawan ke Katingan

111 Pejabat Lingkup Batola Dilantik dan Disumpah

1 dari 290

Setelah dilaksanakan penghormatan, upacara dilanjutkan dengan pengibaran sang merah putih diiringi lagu Indonesia Raya dan penghormatan dipimpin Komandan Upacara Ipda Perti Anggono.

Usai pengibaran bendera, Inspektur Upacara Bupati Noormiliyani memimpin mengheningkan cipta serta pembacaan teks Pancasila yang diikuti segenap peserta upacara, dilanjutkan pembacaan UUD 1945 dari Ketua DPRD Batola Saleh dan ditutup pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Batola H Eddy Khairani Z.

Upacara HUT Kemerdekaan ke-76 di Batola ini juga dirangkai berbagai penyerahan di antaranya pembagian masker kesehatan sebanyak 76 ribu yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 17 kecamatan se-Batola, Tim Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Covid-19 dan Tim Yustisia Covid-19 Batola yang diawali pembentukan formasi pleton yang membentuk kata “Masker”.

Selain menyerahkan masker, Bupati Hj Noormiliyani AS juga menyerahkan SK Remisi secara simbolis kepada 2 perwakilan napi yang mendapatkan remisi biasa dan bebas. Kepala Rutan Klas IIB Marabahan Andi Gunawan didampingi Kasi Pembinaan Tahanan Agus Setiawan menerangkan, napi yang mendapat remisi kali ini terdapat 112 orang dari 274 napi yang ada.

Dari 112 napi yang dapat remisi tersebut, lanjut Andi, terdiri dari remisi biasa 86 orang remisi PP 9 26 orang.

Selesai mengikuti upacara di Lapangan 5 Desember Marabahan, Bupati Noormiliyani menyempatkan memberi tali asih kepada 3 orang veteran dan janda veteran dengan mengunjungi rumah masing-masing yang terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Gawi Sabumi, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Usai menyerahkan tali asih kepada veteran dan janda veteran, bupati, wakil, sekda, dan para anggota forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang dilaksanakan Pusat melalui vicon di Ruang Media Center Diskominfo “Batola Setara”. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya