Dewan Berharap Pembangunan Jalan Kamipang – Mendawai Rampung 2021

Kasongan, KP – Yudea Pratidina, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan berharap pembangunan ruas jalan dari Kereng Pikahi Kecamatan Kamipang menuju Kecamatan Mendawai yang dikerjakan oleh PT Arjuna Usaha Sawit (AUS) dan PT PEAK bisa rampung diakhir tahun 2021 nanti.

Harapannya ini ditujukannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dan kepada kedua perusahaan yang mengerjakan tersebut. Sedangkan ucapannya itu langsung disampaikannya di hadapan Bupati Katingan Sakariyas, saat memantau lanjutan pembangunan ruas jalan tersebut, Minggu (29/8) kemaren.

Alasannya, agar dua wilayah kecamatan, yakni kecamatan Katingan Mendawai dan Katingan Kuala, yang berada di wilayah selatan Katingan itu tidak lagi kesannya terisolasi, tapi dapat terbuka seperti 11 wilayah kecamatan lainnya di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Dengan berfungsinya ruas jalan yang dibantu penyelesainnya oleh kedua perusahaan yang beraktivitas di sektor perkebunan kelapa sawit tersebut, menurutnya, tentu saja akan memberikan peluang usaha bagi masyarakat yang tinggal di dua kecamatan tersebut. “Diantara peluang usaha mereka yang dilakukannya selama ini adalah usaha pertanian dan perikanan, disamping usaha perkebunan,” sebut legislator PDI Perjuangan ini.

Berita Lainnya
1 dari 547

Sebagai contoh, di sektor perikanan baik ikan di darat, danau maupun ikan laut seperti yang dijelaskan oleh Bupati Katingan Sakariyas, hasil ikan yang dilakukan oleh sejumlah nelayan di Pegatan kecamatan Katingan jarang sekali terjual sampai ke Kasongan. “Tapi selalu dibeli oleh para tengkulak dari Banjarmasin (Kalsel), Sampit (Kabupaten Kotim) dan Kota Palangka Raya, dengan harga tentu saja lebih murah dari pasar,” terangnya.

Begitu pula di sektor pertaniannya. Meskipun setiap tahunnya hasil panen di dua kecamatan tersebut bukan saja bisa mencukupi kuota untuk konsumsi seluruh masyarakat Katingan yang berjumlah sekitar 162 ribu jiwa pertahunnya, tapi juga memperoleh surplus setiap tahunnya

Kesimpulannya, jika ruas jalan tersebut cepat rampung, akan secepatnya pula difungsikan dan dinikmati masyarakat setempat. Kalau sudah dapat dijalani oleh masyarakat, ke depannya masyarakat di dua kecamatan tersebut menurutnya tentu akan menjual sebagian besar hasil perikanan dan hasil panen pertaniannya ke ibukota Katingan (Kasongan), dengan harga standar di pasaran. “Dengan harga jual standar di pasaran itulah saya yakin para petani dan nelayan di dua kecamatan tersebut akan lebih bersemangat dengan aktivitasnya itu,” akunya.

Dengan harga jual menurut standar di pasaran, lanjutnya, laba (keuntungannya) pun ikut meningkat pula, dan secara otomatis turut meningkatnya ekonomi masyarakat setempat pada khususnya dan perekonomian di Kabupaten Katingan pada umumnya,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan II yabg meliputi Wilayah kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya