Disosialisasikan, Program Kampung Iklim Selaras Pembangunan Perdesaan

Palangka Raya, KP – Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Nuryakin menghadiri acara Sosialisasi Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, Rabu (25/8).

Program Kampung Iklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pj.Sekretaris Daerah Nuryakin menyatakan, pelaksanaan Program Kampung Iklim memperkuat pengembangan kota ramah lingkungan yang adaptif terhadap perubahan iklim dan berkelanjutan, dengan memperhatikan keseimbangan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pengembangan Program Kampung Iklim dilaksanakan selaras dengan implementasi strategi kebijakan pembangunan perdesaan, yaitu untuk mendukung terwujudnya kemandirian pangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi tepat guna di perdesaan,” ujarnya.

Berita Lainnya

Bantuan Harus Tepat Sasaran

Wagub Kalteng Beri Semangat Peserta Seleksi CPNS

1 dari 918

Ia meminta dukungan semua pihak berkontribusi dalam Program Kampung Iklim. “Saya minta dukungan semua pihak untuk berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim melalui pelaksanaan Program Kampung Iklim,” ajak Nuryakin.

Saat memberikan penjelasan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Vent Christway mengemukakan elalui acara sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas penyelenggaraan Program Kampung Iklim di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan Program Kampung Iklim diharapkan meningkatnya partisipasi dan kapasitas Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/Kota/Kecamatan dalam upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya untuk mendukung kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal untuk berkontribusi terhadap pencapaian program nasional dan target penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim, juga dihadiri yaitu Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembanguan Andi Arsyad serta Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Vent Christway. (drt/k-10).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya