Inovasi Masak Berbahan Dasar Ikan dan Pangan Lokal

Barabai, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menggelar Praktek Keterampilan Inovasi Masak Berbahan Dasar Ikan dan Pangan Lokal dengan TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah bersama Chef Agus Sasirangan bertempat di Pendopo Kabupaten HST. Senin (23/8/2021).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi bersama Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HST Hj Fauziah Hasby Mansyah Sabri menghadiri langsung Praktek Keterampilan Inovasi Masak Berbahan Dasar Ikan dan Pangan Lokal yang dipraktekan Chef Agus Sasirangan.

Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi selaku Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengatakan pangan adalah suatu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Ketersedian pangan kita yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Selain ketersediaannya perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang di konsumsi, sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan. 

Dengan letak geografis dan potensi pertanian dan perikanan yang besar bagi kabupaten Hulu Sungai Tengah, maka pemerintah dan masyarakat mampu memanfaatkan kondisi demikian, salah satunya dengan memanfaatkan pangan lokal dan ikan untuk dijadikan berbagai variasi menu yang sehat tanpa mengurangi nilai gizinya, hal ini untuk menghindari  kejenuhan dan kebosanan terhadap menu makanan yang sudah ada, sehingga dapat menumbuh kembangkan kreatifitas bagi kita semua, ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 515

Selanjutanya Cheri menambahkan Tujuan dari Pelaksanaan Praktek Keterampilan Inovasi Masak Berbahan Dasar Ikan Dan Pangan Lokal ini antara lain adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta anggota PKK, melatih dan mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Inovasi Masak Berbahan Dasar Tingkat propinsi ke depannya, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan inovasi menu masakan pangan lokal, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

Praktek Keterampilan ini akan di sampaikan di praktekkan langsung oleh Master Chef AGUS SASIRANGAN dengan 3 macam menu yaitu, 

1.Menu Balita dengan nama Resep LABU CENDOL MURAKATA, 

  1. Menu Keluarga dengan nama Resep ROLLED PATIN JALUKAP,
  2. Menu Kudapan  dengan nama Resep BATU BENAWA.

Melalui kegiatan praktek langsung hari ini diharapkan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui ibu-ibu peserta praktek hari ini semakin mampu membuat inovasi-inovasi baru dalam memanfaatkan Pangan Lokal Menjadi sebuah Menu dan Hidangan yang dapat menggugah selera masyarakat dan semakin mencintai produk pangan lokal banua kita, harapnya.

Turut Berhadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Anggota TP PKK Kecamatan Sekabupaten Hulu Sungai Tengah. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya