Lanjutkan PPKM Level IV Gegara Satu Indikator Masih Tinggi

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin hanya bisa manut kepada keputusan Pemerintah Pusat yang menetapkan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini masih berada di level yang sama. Yakni Level IV.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) pun diketahui sudah menetapkan Banjarmasin masuk dalam salah satu wilayah yang masuk di Level IV mulai dari 24 Agustus sampai dengan 06 September 2021 mendatang.

Kondisi Banjarmasin berada di level IV pun didukung dengan hasil evaluasi Dinas Kesehatan bersama instansi terkait lainnya, yang diselenggarakan, Senin (23/08) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi membeberkan, salah satu dari tiga indikator penentu level PPKM masih bertahan di level IV.

Yaitu kasus mingguan Covid-19 Banjarmasin berada di angka 36,33 per 100 ribu penduduk. Terhitung sejak 16 s/d 21 Agustus 2021.

“Nah itu yang masih menyangkut di level IV,” ucap Machli, saat ditemui awak media di kantor Dinas Kesehatan, Senin (23/8) siang.

Berita Lainnya

BIN Sasar Vaksin ke MAN

APBD 2022 Fokus Percepatan Penanganan Covid-19

1 dari 3.576

Dilanjutkannya, untuk kasus harian Covid-19, Banjarmasin berada di angka 84,26 per 100 ribu penduduk. Alias berada di Level III.

Sementara untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di Bumi Kayuh Baimbai ini berada diposisi 28,19 persen. Atau masuk dalam kategori Level II.

“Karena tiga indikator itu tidak terpenuhi, maka Banjarmasin masih berada di Level IV. Mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Kendati demikian, Machli mengklaim bahwa kondisi ini sudah menunjukan kemajuan. Di mana semenjak diterapkan PPKM kasus Covid-19 di ibukota provinsi ini turun menjadi 1.700 kasus, dari sebelumnya yang mencapai 2.650 kasus.

“Hasil empat minggu kita laksanakan PPKM ada seribu yang hilang. Artinya PPKM ini berdampak positif bagi penurunan kasus Covid-19,” tukasnya.

Terpisah, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun mengakui, masih diterapkannya PPKM Level IV di Banjarmasin ini mengharuskan kebijakan penyekatan dan pembatasan di Kota Banjarmasin ini masih tetap berjalan. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya