Masyarakat Aspirasikan Pembangunan Kantor Camat Hingga PLTS

Kasongan, KP – Masyarakat di daerah pemilihan (dapil) Katingan III, khususnya di wilayah kecamatan Marikit, kecamatan Katingan Hulu hingga kecamatan Bukit Raya, mengusulkan pembangunan kantor Camat di kecamatan Marikit, bahkan diaspirasikan juga pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Demikian hasil reses yang disampaikan oleh sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan melalui juru bicaranya Leddie Aberson, yang disampaikannya pada paripurna penyampaian hasil reses, di ruang paripurna DPRD setempat, baru-baru tadi.

Aberson minta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan agar sesegera mungkin gedung kantor Camat di desa Tumbang Hiran kecamatan Marikit itu direhab. “Karena, gedung kantor Kecamatan Marikit ini dalam kondisi rusak berat,” terangnya.

Sementara di Kecamatan Katingan Hulu, masyarakatnya menurutnya mengusulkan bangunan rumah dinas atau semacam asrama untuk tempat tinggal Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditugaskan bekerja di kantor Kecamatan tersebut.

Berita Lainnya

Desa Diminta Bagun Rumah Panggung

1 dari 112

Kemudian, mereka juga minta peningkatan badan jalan jalur sungai Sanamang hingga desa Kiham Batang, dengan panjang sekitar 43 kilometer dan penambahan tenaga medis seperti perawat di desa Tumbang Kuai. Sebab masyarakat yang tinggal di desa Tumbang Kuai saat sakit dan ingin berobat ke Puskesmas yang letaknya di ibukota kecamatan, disamping jaraknya sangat jauh, biaya transportasinya juga mahal. “Sehingga Pemkab melalui Dinas Kesehatan setempat perlu memperhatikan keinginan masyarakat di desa Tumbang Kuai ini,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Terakhir, dirinya menyuarakan aspirasi masyarakat di wilayah kecamatan Bukit Raya. Diantara usulan mereka adalah rehab berat bangunan kantor Kecamatan Bukit Raya. “Karena, beherapa bagian bangunan tersebut sudah banyak yang rusak dimakan usia,” ujarnya

Disamping itu, lanjutnya, Pemkab perlu pula menambah bangunan di sekitar kantor kecamatan tersebut sebuah ruangan untuk aula. Ini penting untuk menggelar berbagai rapat. “Termasuk juga ketika pihak kecamatan setempat akan menggelar Musren tingkat kecamatan, yang harus mengundang sejumlah Kades dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Terakhir, lantaran di wilayah kecamatan Bukit Raya ini jaringan listrik belum sampai, sedangkan masyarakatnya sangat membutuhkan, dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Msnusia (SDM) masyarakat setempat. Maksudnya, alat penerangan bisa digunakan untuk belajar di rumah

Karena kalau hanya menggunakan lampu teplok saja, anak-anak kurang bersemangat untuk belajar di rumah. ” Yang diminta oleh masyarakat desa Rantau Pandan dan desa Panda Pabge adalah pengadaan PLTS,” sebutnya. (isn/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya