Masyarakat Diajak Menanam Pohon Jadikan Gaya Hidup

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, menanam pohon di lingkungan Pondok Pesantren Al Baladul Amin, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Jumat (20/8/2021) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan Polres HSS itu, merupakan program penghijauan Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni penanaman serentak satu juta pohon.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad mengatakan, kegiatan penanaman serentak itu diharapkan bukan sekadar seremonial. Namun, pelaksanaannya dapat menjadi contoh dan gaya hidup di masyarakat, dalam meningkatkan penghijauan di HSS.

“Secara serimonial adalah menanam pohon, namun semangatnya ini bisa menjadi gaya hidup masyarakat HSS untuk menanam dan memelihara pohon sebagai penghijaun,” tuturnya.

Syamsuri Arsyad mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk senantiasa mendukung program penanaman pohon. 

Berita Lainnya
1 dari 568

Menurutnya, dengan terjaganya alam dan pepohonan yang ada, maka akan tercipta lingkungan yang asri, sejuk dan segar sehingga memberikan faedah yang besar bagi kehidupan. 

“Mari kita menanam, mudah-mudahan dengan penanaman pohon di sekitar kita, suasana keteduhan kenyamanan menyertai kita karena suasana yang rindang merupakan hal baik untuk kita semua,” ujar Syamsuri.

Terkait penggencaran penanaman pohon, Syamsuri mengungkapkan dari segi aturan sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang mendukung. Bagi masyarakat yang akan mendirikan bangunan, diwajibkan untuk menanam pohon di sekitarnya.

Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto mengatakan, kegiatan penanaman pohon itu tentunya belum sebanding dengan luasnya kerusakan lingkungan yang terjadi secara luas. 

Namun, upaya itu sangat berharga bila dilakukan secara konsisten dan kesungguhan. Sehingga, setiap pohon yang ditanam dapat hidup tumbuh subur dan bermanfaat bagi semua.

Penanaman itu turut dilakukan Kajari HSS Agus Rujito, Kepala Pengadilan Agama Kandangan Hikmah, Kepala KPH Hulu Sungai Rudiono Herlambang, dan Kepala Dispera KPLH HSS Ronaldy Prana Putra. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya