Nakes dan Masyarakat Garda Terdepan Tangani COVID-19

Banjarbaru, KP – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengatakan, garda terdepan dalam menangani dan mencegah penyebaran COVID-19 bukan tenaga kesehatan tetapi masyarakat melalui kesadaran menerapkan protokol kesehatan.

“Bukan tenaga kesehatan garda terdepan tetapi masyarakat melalui individu masing-masing yang sadar dan patuh menerapkan prokes agar terhindar dari COVID-19,” ujarnya di Kota Banjarbaru, Jumat. 

Menurut wawali, tenaga kesehatan justru garda terakhir yang bertugas sekuat tenaga menyelamatkan nyawa agar tetap hidup dan ironisnya banyak diantara nakes yang tertular hingga meninggal dunia. 

Ditekankan, nakes ibarat penjaga gawang yang sekuat tenaga berjuang agar tidak kebobolan sehingga garda terdepan sebelum pasien berhadapan dengan nakes yakni masyarakat yang menjalankan prokes ketat.

“Intinya, kesadaran masyarakat jadi kunci utama mencegah penularan COVID-19. Jika patuh menjalankan prokes maka penyebaran tentu bisa berkurang dan kasus infeksi semakin menurun,” ungkapnya. 

Berita Lainnya
1 dari 685

Dikatakan wawali, selain kesadaran individu menjalankan prokes ketat, warga yang menjalani isolasi mandiri karena positif terinfeksi COVID-19 juga harus membatasi aktivitasnya dengan tidak keluar rumah.

Diharapkan, warga yang isoman tetap berada didalam rumah selama masa karantina sehingga tidak menularkan virus Corona ke orang lain yang dapat meningkatkan penularan maupun penyebaran COVID-19. 

“Kami memohon dan minta tolong kepada warga yang menjalani isolasi di rumah tetap berada di dalam rumah dan tidak beraktivitas keluar rumah sehingga tidak terjadi penyebaran COVID-19,” ucapnya penuh harap. 

Dikatakan, Pemkot Banjarbaru sendiri berupaya membantu warga isoman di rumah melalui penyaluran makanan siap saji dan kebutuhan lainnya agar mereka tidak keluar rumah yang tentu berpotensi menularkan virus. 

“Pemkot melalui Garda Lima setiap hari menyalurkan makanan siap saji dan kebutuhan lain ke rumah-rumah. Harapan kami, warga yang isoman tidak keluar rumah untuk mencegah penularan COVID-19,” katanya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya