Pemdes dan BPD Harus Sinergi
Berdayakan Sumber Daya Desa

Pelaihari, KP – Seperti sinergi antara Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tala dalam membangun daerah, maka dalam membangun desa dan memberdayakan masyarakatnya juga tidak lepas dari peran aktif sinergi pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta dalam arahannya saat membuka sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kurau, Sabtu (7/8/2021).

“Salah satu visi pemerintahan kita adalah sinergi, dengan sosialisasi ini kita berupaya mendorong Pemdes dan BPD untuk terus memperkuat sinergi, bersama-sama memberdayakan masyarakat dan desa sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2016 yang kembali kita sosialisasikan hari ini”, ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 486

Sukamta meyakini masing-masing desa memiliki sumber daya yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Unit-unit usaha masyarakat desa sebagai penggerak ekonomi desa menjadi salah satu aspek yang bisa diberdayakan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tak ketinggalan peran pendamping desa diharapkan bisa lebih maksimal mendampingi Pemdes dalam memberdayakan potensi yang ada.

Lebih lanjut Sukamta berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tala dapat memanfaatkan aplikasi belanja online Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita) milik Pemkab Tala sebagai media pemasaran. Tidak hanya untuk pelaku UMKM, Pemdes pun diharapkan menggunakan Sosialita dalam membelanjakan anggaran belanja desanya.

“Belanja anggaran desa melalui aplikasi Sosialita pasti lebih aman, harganya juga sudah tercantum dan sudah termasuk pajak. Pemdes Kunyit di Kecamatan Pelaihari sudah melakukan belanja desa menggunakan aplikasi Sosialita. Saya harap desa-desa dan instansi lainnya bisa memanfaatkan aplikasi Sosialita ini”, harapnya.

Turut berhadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Mariana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalsel Zulkifli, Ketua Komisi I DPRD Tala H Abdullah, Anggota komisi I DPRD Tala H Husnul Fatahillah, Plt Camat Kurau Ade Gumilar, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), para kepala desa dan kepala BPD se-Kecamatan Kurau. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya