Tangani Pasien Covid-19, Pemerintah Minta Kesiapan Rumah Sakit di Banjarbaru

Banjarbaru, KP – Lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Banjarbaru, ditengah pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang kembali diperpanjang.

Selasa (03/08/2021) Pemko Banjarbaru meminta kepada seluruh RS di Banjarbaru agar siap dan ikut berperan serta dalam menangani Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza menjelaskan dalam rapat tersebut pihaknya menindaklanjuti rapat sebelumnya bersama RS di Banjarbaru.

“Yang di sampaikan kepada mereka agar ikut atau berperan serta dalam menangani Covid-19 ini” ujar Rizana

Disampaikan Rizana jika saat ini semua RS di Banjarbaru sudah menyatakan siap untuk menangani kasus Covid-19, bahkan sudah ada beberapa RS sudah melayani pasien Covid-19.

“Semuanya sudah siap, di Banjarbaru ada 9 RS termasuk swasta, beberapa RS juga sudah melayani Covid-19, dalam bulan Agustus ini ada penambahan lagi ruangan, dan saat ini sudah 75 persen yan berjalan,” jelasnya.

Berita Lainnya

Muktamar NU Diusulkan Digelar Tahun Ini

Wali Kota Lepas Atlit PON Ke 20 Papua

1 dari 688

Rizana Mirza berpesan agar pelayanan Covid-19 dapat lebih ditingkatkan lagi bagi Rumah Sakit yang saat ini sudah melaksanakan penanganan.

Diketahuin saat ini Kota Banjarbaru masih terjadi kekurangan stok oksigen karena lonjakan Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Kami meminta untuk dapat meningkatkan pelayanan termasuk penambahan ruangan, dan antisipasi oksigen yang saat ini menjadi masalah nasional, Oleh karena itu, kami mendorong di tiap RS agar bisa menyiapkan generator untuk membikin oksigen sendiri sehingga untuk penanganan tidak terhambat,”lanjutnya

Tidak hanya permasalahan oksigen, Rizana Mirza mengatakan saat ini menjadi salah satu masalah di Rumah Sakit Banjarbaru adalah kekurangan tenaga kesehatan.

“Iya ada kendalanya tenaga SDM, jadi kami menyarankan kalau bisa merekrut tenaga kesehatan kalau perlu per bulan melihat situasi kasus yang ada,”lanjutnya.

Diketahui, sejumlah RS di Banjarbaru yang siap menangani Covid-19 sebagai berikut:

  1. RSU Syifa Medika Banjarbaru
  2. RSU Mawar
  3. RSU Idaman Banjarbaru
  4. RSU Nirwana
  5. RSU Almansyur Medika
  6. RS TK IV Guntung Payung
  7. RS Permata Husada
  8. RSI Sultan Agung Banjarbaru
  9. RS TNI AU Syamsudin Noor (dev/KPO-1)
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya