APINDO Prakarsai Kebangkitan UKM di Era Pandemi dengan Gelar Ekspo 2022


Banjarmasin, KP – Menyusul kondisi pandemi yang selama ini berdampak buruk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh negeri ini, akhirnya APINDO Kalsel memprakarsai era kebangkitan dengan menggelar Ekspo APINDO Tiga di Banjarmasin.
Kegiatan Ekspo Apindo Tiga yang akan diselenggarakan pada Februari 2022 mendatang, selain bertujukan melakukan pekan pameran paska Pademi juga merupakan usaha era kebangkitan para UKM setelah dilanda keterpurukan dan terjun bebas sejak Maret 2019 hingga sekarang ini.
“Kita rencananya akan menggelar Ekspo sebagai wujud kebangkitan UKM di era Pandemi dengan memamerkan produk unggulan dari masing-masing wilayah seluruh Kalimantan,’’ucap Ketua Pengurus Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supriyadi kepada awak media, Selasa (22/09/2021).
Pengusaha lokal yang kini menekuni berbagai usaha dari sektor perkebunan hingga kontraktor, Supriyadi mengatakan mengadakan kegiatan ini juga merupakan wadah temu dan pembinaan pelaku Usaha kecil menengah (UKM) perajin sasirangan Kalsel.
“Terus terang memang kami berencana melakukan temu Ekspo UKM Akbar seluruh Kalimantan yang ditergat bisa dihadiri sampai 1.000 UKM se Kimantan, yang nantinya akan dilaksanakan di Banjarmasin dngan dibuka Presiden Ir H Jokowi,” ujar Supriadi.

Berita Lainnya
1 dari 980

Ia menambahkan nantinya juga akan mengundang UKM yang sukses dari luar pulau Jawa, untuk memberikan contoh bagaimana cerita suksesnya. “Selain seminar diskusi, workshop, kami juga akan memamerkan karya-karya UKM Kalsel, entah itu home industri, kerajinan, sasirangan, makanan, atau minuman,” ungkapnya.
Karena itulah, rapat yang diselenggarakan yang dihadiri para pengurus APINDO ini selain menetapkan dan memilih panitia juga rencana program Ekspo UKM 2022 di tengah Pandemi dengan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas pemasaran UKM.
“Khususnya pemasaran di Kalimantan, hingga nasional, dan bahkan bisa ke mancanegara. Khususnya UKM bidang sasirangan dan produk lainnya yang bisa menarik minat konsuman bagi,” tandasnya.
Bahkan Ekspo 2022 rencananya kita akan mendatangkan beberapa perusahaan Start Up Unicorn di Indonesia, seperti Buka Lapak dan Gojek. Kemudian dari pihak pemerintah juga kami undang Kementrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan hingga Ketenagakerjaan, jelas Ketua APINDO Kalsel H Supriadi.
Diharapkan melalui even APINDO EKPO yang akan dilaksanakan dengan konsep Seminar dan Choaching Clinic ini, dapat membuka wawasan bagi para peserta yang kebanyakan adalah pengusaha, untuk bisa berbenah diri dalam rangka menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan menuju five .
“Utamanya bagi pengusaha di Kalsel. Kami berharap mereka bisa betul-betul memanfaatkan momen ini untuk menggali ilmu yang sebanyak-banyaknya sebagai bekal dalam mengembangkan bisnis mereka kedepannya,” tambahnya.
Khusus APINDO UMKM Expo 2022, rencananya diperuntukan bagi UMKM lokal di Banua Kalimantan untuk memperkenalkan sekaligus menjual produk mereka. Ada kurang lebih 1000 stand yang disediakan dengan prioritas yang mengisinya adalah UMKM di daerah.
“Ini merupakan kesempatan bagi UMKM lokal kita untuk mencari jejaring pemasaran yang lebih luas lagi. Karena di even tersebut nantinya ada banyak juga peserta yang kita undang datang dari luar Kalsel,” ungkapnya.(nar/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya