Bantu Petani Porang, BNI Sediakan KUR

Paringin, KP – Bank Negara Indonesia (BNI) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani porang untuk meningkatkan nilai ekspor komoditas tersebut.

“Dukungan BNI terhadap pertanian subsektor komoditas porang akan terus ditingkatkan seiring dengan peningkatan nilai ekspor serta perluasan area tanam komoditas porang ini,” ujar Pimpinan BNI Kantor Cabang Barabai Ali Sulaiman, baru baru tadi.

Ali Sulaiman menyatakan, pihaknya telah melihat ilustrasi yang disampaikan oleh asosiasi porang.

Berdasarkan ilustrasi tersebut disampaikan, pada tahun pertama menanam umbi jenis katak sudah bisa menghasilkan Rp 80 juta dalam satu hektare.

Berita Lainnya
1 dari 529

Jadi apa bila BNI meminjamkan modal sebesar Rp50 juta, seharusnya pada tahun pertama sudah bisa dilunasi.

“Sehingga Porang yang merupakan tanaman jenis umbi-umbian, menjadi alternatif usaha yang memiliki potensi cukup besar dan menjanjikan untuk dikembangkan,” imbuhnya.

Sementara, Petani Porang asal Desa Babayau kecamatan Juai, Budi Rahmadi mengungkapkan, “Alhamdulillah sebelumnya saya sangat bingung untuk mencari modal awal budi daya tanaman porang ini. Semenjak adanya KUR dari BNI untuk petani porang, saya sangat terbantu sehingga bisa mengembangkan budi daya porang di desa saya,” ujarnya, kepada awak media.

Dia menceritakan, memulai budi daya porang dari nol di lahan miliknya yang kurang lebih sekitar satu hektare tersebut.

“Saya mengajukan KUR sebesar Rp 30 juta ke BNI. Nantinya modal tersebut akan langsung saya belikan bibit umbi katak sebanyak 20kg, InsyaAllah karena lahan sudah siap setelah bibit datang langsung ditanam,” pungkas Budi. (srd/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya