Dewan Sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel merencanakan untuk melakukan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat di wilayah Kalsel.


“Jadi anggota dewan bisa melakukan sosialisasi ini, seperti halnya anggota DPR dan DPD RI,” kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin pada Pembekalan/Orientasi Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di lingkungan DPRD Kalsel, Senin (27/9/2021), di Banjarmasin.


Syaripuddin mengungkapkan, sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan DPRD Kalsel dirancang untuk memperkuat pemahaman dan internalisasi nilai-nilai yang ada dalam Pancasila dan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada masyarakat di wilayah Kalsel.


“Rencananya sosialisasi ini dilakukan satu bulan sekali mulai Oktober 2021,” tambah Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.


Materi sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang dapat dipilih meliputi materi tentang Pancasila serta wawasan kebangsaan.

Misalnya, makna kebangsaan, hakekat wawasan kebangsaan, aktualisasi wawasan kebangsaan dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegera.

Berita Lainnya

Komisi I Pantau Pelayanan Publik

Kalsel Dapat Tambahan 91.500 Dosis Vaksin

1 dari 6


“Aktualisasi Pancasila, UUD 1945, cinta NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Sedangkan peserta adalah unsur masyarakat umum yang dapat berasal dari organisasi masyarakat, organisasi kemahasiswaan, profesi ataupun lainnya.


“Narasumber sendiri berasal dari anggota DPRD Kalsel, akademisi maupun organisasi perangkat daerah yang memahami pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan,” ujar Bang Dhin.


Sementara itu, Kepala Kesbangpolinmas Kalsel, Heriansyah mengatakan, Pancasila harus dikembangkan di masyarakat, terutama di tengah kemajuan zaman yang sangat cepat.


“Agar masyarakat bisa memahami dan mengamalkan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama generasi muda,” jelas Heriansyah.


Ditambahkan, generasi muda merupakan pondasi bagi bangsa Indonesia, sehingga mereka perlu memahami ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, agar bisa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Sedangkan untuk anggota DPRD Kalsel, menurut Heriansyah, sangat tepat dilakukan, mengingat wakil rakyat ini memiliki basis massa yang perlu dikenalkan terus menerus mengenai ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.


“Kita menginginkan agar NKRI tetap terjaga, dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya