Dispora Pilih Tiga Pepelingasih Terbaik

Banjarmasin, KP – Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel kembali mengadakan program Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Kalsel 2021. Di Hotel Amaris, Km 7 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, ada 26 pemuda dan pemudi terbaik yang berpartisipasi di ajang ini. Tiap Kabupaten/Kota di Kalsel menyertakan masing satu pemuda dan pemudi terbaiknya di program seleksi Pepelingasih Kalsel 2021.

Kadispora Kalsel, H Hermansyah yang membuka kegiatan tersebut meminta agar para peserta seleksi Pepelingasih Kalsel 2021 bisa mengemukakan pemikiran terbaiknya di bidang lingkungan.

“Tidak banyak pemuda yang berkemauan kuat dalam berkecimpung di bidang lingkungan dan kebersihan. Oleh karena itu, melalui program seleksi Pepelingasih Kalsel 2021 ini, kami berharap bisa mencetak generasi muda Kalsel yang cinta lingkungan,” ujar Herman.

Ditambahkan Herman, peduli akan kebersihan lingkungan jadi cerminan pemuda dan pemudi yang juga peduli dengan kondisi sekitarnya. “Para pemuda dan pemudi Banua harus jadi ujung tombak dalam menggerakkan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang asri dan bersih, maka akan tercipta masyarakat yang sehat dan produktif,” ujarnya.

Berita Lainnya

Polda Kawal Kontingan Atlet Kalsel

1 dari 427

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana menuturkan kegiatan ini kembali dilaksanakan setelah ditiadakan sementara pada tahun lalu, akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Diingatkan Yuyu Rahmat, saat ini masih banyak warga masyarakat yang tidak memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan. Diantaranya masih ada yang membuang sampah ke sungai. Kemudian serring kita lihat orang bermobil melemparkan sampah seenaknya di jalanan.

Semua itu, kata Yuyu Rahmat merupakan tantangan bagi pemuda Pepelingasih untuk memberikan motivasi, sehingga makin banyak masyarakat yang sadar akan lingkungan yang bersih dan asri, kata Yuyu.

“Walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemi, kami gelar kegiatan ini dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Dari hasil seleksi ini, akan ditentukan masing-masing satu pemuda dan pemudi terbaik untuk maju ke tingkat nasional,” tandasnya.

Peserta terbaik Seleksi Pepelingasih Kalsel 2021 adalah Rachmatul Karimah, utusan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Disusul Suratno asal Kabupaten Tanah Laut (Tala) di peringkat kedua, dan Irwana Kusuma Ayu Wardana asal Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di peringkat ketiga. Juara pertama program ini berpotensi maju ke program Pepelingasih Tingkat Nasional 2021. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya