Eks Kantor Pariwisata Balangan Dijadikan Balai Sidang Pengadilan Agama

Paringin, KP – Wakil BUpati Balangan H Supiani secara resmi menyerahkan dan meresmikan eks Kantor Pariwisata Balangan dijadikan Balai Sidang Pengadilan Agama Amuntai kelas 1B yang ditandai dengan pengguntingan pita yang disaksikan  Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Helmy Thohir, Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah dan beberapa Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat, Kamis (09/09/2021) kemarin.

Wabup Balangan, H Supiani mengatakan dari perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru saja dilakukan, sehingga pemerintah Kabupaten Balangan memiliki beberapa gedung lebih atau kosong. Untuk itu, Pemkab Balangan meminjamkan satu gedung eks Kantor Dinas Pariwisata untuk dijadikan Balai Sidang Pengadilan Agama.

“Untuk sementara, kita pinjamkan dulu, apakah gedung ini nanti yang akan dihibahkan akan kita bicarakan lebih lanjut bersama bupati, dan tentunya apakah gedung ini memenuhi standar untuk pengadilan agama atau tidak,” ujarnya.

Diharapkannya. dengan adanya balai sidang ini warga Balangan yang berurusan perkara agama Islam seperti perceraian, warisan dan sebagainya, tidak lagi menempuh perjalanan jauh ke Kabupaten HSU, karena Kabupaten Balangan sudah ada memiliki Balai Sidang Pengadilan Agama sendiri.

“Jadi nanti sidang perkara agama islam cukup disini saja,” sebut Supiani.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Helmy Thohir mengungkapkan, sampai sekarang proses pengadaan pengadilan agama di Kabupaten Balangan sedang dalam proses.

Berita Lainnya

DPRD Menekankan Jangan Sampai Salah Pilih Sekda

Balangan akan Miliki UKK Imigrasi

1 dari 524

Ia menekankan, apabila pemerintah daerah nantinya memberikan tanah ataupun memberikan gedung beserta tanahnya yang kaitannya untuk pengadilan agama, tergantung dari kebijakan pemerintah setempat agar pengadilan ini bisa segera hadir di tengah masyarakat Kabupaten Balangan.

“Jadi, nanti kita didkusikan lagi bersama pemerintah daerah (bupati, red) juga teman-teman dari Pengadilan Agama Amuntai, kalau kami merima dimana pun, kalau gedung ini pun tentu sangat terimakasih,” ucapnya.

Disebutkannya, berdasarkan data yang dihimpun dari Pengadilan Agama Amuntai, jumlah perkara keagamaan yang ditangani 40 persennya merupakan dari warga Balangan.

“Jadi cukup banyak perkara yang ditangani dari di Balangan ini. Sehingga sudah selayaknya Balangan memiliki Pengadilan Agama (PA) sendiri,” tandasnya.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah, pihaknya sangat menyambut baik atas dukungan Pemkab Balangan. Ia berharap dengan keseriusan Pemkab Balangan dalam pengadaan PA melalui peminjaman gedung ini, proses pengadaan PA Balangan bisa semakin cepat.

Sebelum adanya gedung balai sidang ini, bebernya, pihaknya rutin melaksanakan sidang keliling yang digelar empat kali dalam setahun, yang tempatnya langsung ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Balangan.

“Dengan adanya tempat untuk balai sidang di sini, kita akan membuka proses sidang seminggu sekali, rencananya setiap hari Kamis,” imbuhnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya