Menparekraf Bakal Gelar Festival Bekantan Berlevel Nasional di Batola

Marabahan, KP – Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Kalimantan Selatan (Kalsel) membawa berkah bagi pengembangan objek wisata Muara Kanoco dan objek wisata Pulau Curik (Curiak Island) di Desa Anjir Serapat Muara 1, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kamis (2/9/2021). 

Saat berkunjung ke lokasi, Sandiaga menyatakan, objek wisata minat khusus tersebut jika dikembangkan akan mampu menjadi ikon pariwisata Kalsel yang berkualitas dan berkelanjutan. 

Terlebih dilokasi tersebut, menurut dia, terdapat Pasar Ikan Terapung dan stasiun riset Bekantan yang memiliki potensi sangat besar bahkan mampu membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat. 

“Produk perikanannya akan mampu menopang usaha ikonomi kreatif di sektor kuliner seperti kedai seafood,” katanya. 

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Ketua DPRD Provinsi Kalsel H Supian AK beserta jajaran pejabat dan Forkopimda tiba sekitar pukul 07.30 Wita di lokasi wisata Muara Kanoco dengan menumpang speedboat. 

Kehadiran rombongan diterima Bupati Batola Hj Noormiliyani AS beserta para anggota forkopimda dan para pimpinan SKPD. 

Setelah tiba, rombongan menyempatkan meninjau lokasi Pasar Ikan Terapung yang ada di lokasi itu untuk melihat secara dekat. 

Mengetahui kedatangan Menparekraf, para nelayan pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berdialog dan menyampaikan uneg-uneg. Di antaranya meminta alat tangkap berupa jukung (perahu) dan mesin. 

“Saat ini kami menangkap ikan hanya pakai pancing dan jaring,” tutur salah seorang nelayan Burhanuddin. 

Berita Lainnya
1 dari 292

Ketua Kelompok nelayan setempat itu menerangkan, menggunakan pancing dan jaring dalam menangkap ikan hasilnya kurang memadai, di samping alat yang ada sudah banyak yang rusak lantaran dipergunakan setiap hari. Sementara untuk membeli tidak ada biaya.

Lain lagi disampaikan Kasnandi mengeluhkan adanya pihak tertentu menangkap ikan dengan cara terlarang di Sungai Barito. 

Dia mengharapkan, pihak berwajib agar menghentikan illegal fihsing tersebut.

“Kami berharap perusak mata pencarian kami sebagai nelayan seperti penyetruman dan penggunaan racun dapat diberi tindakan tegas,” pungkasnya.

Dia juga menyatakan, apalagi hal itu sangat mengganggu keberadaan mereka dalam mencari ikan selama beberapa tahun terakhir ini.

Menjawab keinginan nelayan, Sandiaga langsung memberikan jawaban. Salah satunya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan. 

Sementara terkait opsi bantuan, dia menyatakan, akan beraudiensi dengan Menteri Perikanan dan Kelautan.

“Kalau terkait penindakan, saya juga telah meminta penegak hukum untuk menindak tegas pencarian ikan menggunakan setrum dan putas,” imbuhnya.

Sandiaga yang datang menggunakan setelan olahraga, juga memiliki rencana untuk pengembangan Desa Wisata Muara Kanoko.

“Sesuai masukan dari bupati, nanti dikoordinasikan dengan Direktorat Promosi Wisata Minat Khusus. Kedepan agar lebih semarak, dibikin Festival Bekantan berlevel nasional untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan,” pungkasnya. (ant/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya