Bupati Tanbu Raih Penghargaan APE dari Kementerian P3A RI

Batulicin ,KP – Bupati Tanah Bumbu meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, 13/102021 Rabu. Penganugerahan penghargaan dilaksanakan secara virtual diruang DLR Kantor Bupati dengan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kab. Tanbu Agoes Rakhmadi serta sejumlah pejabat terkait lingkup Pemkab Tanbu.

Penghargaan diberikan kepada lembaga dan pemerintah daerah dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kabupaten Tanah Bumbu, Narni menyampaikan, pihaknya telah memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020.

Berita Lainnya
1 dari 569

“Ini salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah,” ujar Narni. Menurut Narni, saat ini pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ini semua merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Pada pelaksanaannya, Kabupaten Tanah Bumbu mengangkat critical issue dalam program PUG, diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender. Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Alhamdulillah, semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan penghargaan ini harus dipertahankan dan kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” ujar Narni. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya