Gubernur Kembangkan Keramba Ikan Terintegrasi Wisata

Palangka Raya, KP – Menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah kembangkan perikanan keramba terintegrasi wisata.

Pengembangan dilaksanakan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahudin, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Juni Gultom.

Uhtuk itu para Kepala Dinas tersebut dibantu Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kobar Rusliansyah, dengan Tim Konsultan Perencana melakukan kunjungan ke lokasi yang rencananya akan dikembangkan budidaya ikan lokal keramba yang terintegrasi dengan wisata waterfront city, Selasa (12/10/).

Lokasi pengembangan ini tepatnya di Sungai Arut, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar.

H. Darliansjah menjelaskan, kondisi Sungai Arut ini sangat mendukung dan berpotensi untuk dikembangkan budidaya ikan dalam keramba yang terintegrasi dengan wisata. Pengembangan budidaya ikan lokal yang terintegrasi dengan wisata waterfront city.

Berita Lainnya
1 dari 952

Rencananya akan dibangun secara bertahap di bantaran Sungai Arut sepanjang 1,5 km. Harapan pihaknya, itu akan menjadi daya tarik pariwulusata di Kobar.

Yang pada.akhirnya mampu menggerak ekonomi masyarakat, serta peningkatan pendapata asli daerah (PAD) setempat.

Kota Pesisir (waterfront city) adalah kawasan perkotaan yang berada di tepi air (laut, danau, atau sungai) yang memiliki karakteristik open access dan juga multifungsi. Konsep pengembangan kawasan kota tepi air saat ini sudah banyak diadopsi oleh banyak negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Dikemukakan, kawasan Sungai Arut salah satu objek yang terletak di bagian Arut Selatan, Kabupaten Kobar. Keberadaan objek wisata dalam rencana pengembangan budidaya ikan lokal keramba di bantaran sungai sangat sesuai dengan potensi daerah dan panorama alam serta daya dukung lahannya.

Kebaradaan objek wisata waterfront city sudah seharusnya menjadi program pengembangan kawasan kota tepi air yang banyak di daerah Kalimantan. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya