Kaum Ibu Diedukasi Cara Beri Obat Anak

Banjarbaru, KP – Tim Pengabdian Masyarakat dari Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM memberikan edukasi kesehatan mengenai cara penggunaan obat yang tepat untuk bayi dan anak pada kelompok ibu di Posyandu Dahlia, Kemuning Banjarbaru Selatan.

”Ini penting dilakukan. Kami berupaya memberikan kontribusi nyata di masyarakat dengan transfer edukasi kesehatan tersebut,” kata Ketua tim pengabdian, apoteker Nita Pujianti MPH, Rabu (27/10).

Edukasi tersebut, sambungnya, dihadiri belasan ibu yang memiliki bayi dan balita di wilayah Posyandu Dahlia. Menggunakan media promosi brosur untuk memudahkan penyampaian informasi disertai penyuluhan dan diskusi aktif.

”Harapannya peserta mendapatkan ilmu pengetahuan yang benar tentang cara penggunaan obat rasional untuk anak,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 763

Dijelaskannya, obat merupakan salah satu intervensi medis paling efektif, jika digunakan secara tepat dan rasional. Penggunaan obat secara rasional adalah pasien mendapatkan obat tepat indikasi, dosis sesuai kebutuhan individu pasien, periode waktu yang tepat, cara penggunaan yang benar dan harga tidak membebani pasien serta keluarganya.

”Untuk pasien anak penggunaan obat rasional penting menjadi perhatian, karena anak termasuk kelompok paling berisiko ini memiliki fisiologi, psikologi dan perkembangan berbeda dengan orang dewasa,” katanya.

Pertumbuhan dan perkembangan anak, tambahnya, bakal mempengaruhi farmakodinamik dan farmakokinetik obat. Respon tubuh anak terhadap obat berbeda dengan orang dewasa. Pemberian obat terhadapnya harus memperhitungkan faktor ketersediaan obat dan perhitungan dosis tepat.

”Ini agar mendapatkan efek yang optimal pula,” pungkasnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya