Rumah di Bantaran Sungai Gunakan Program Bio Filter

Banjarmasin, KP – Sejalan dengan program penghapusan jamban apung di sepanjang bantaran sungai di Kota Banjarmasin.

Penampakan bio filter yang terpasang di rumah warga di Kampung Biru, Banjarmasin Tengah. Foto Hamdiah.

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan (PUPR) Bidang Cipta Karya Kota Banjarmasin membangun tangki septik individual yakni bio filter di masing-masing rumah warga di Kampung Biru.

Fungsi bio filter ini untuk menampung limbah rumah tangan agar tidak mencemari dan terbuang langsung ke sungai.

“Jadi tidak langsung terbuang di sungai. Tetapi melalui bio filter bisa mengurangi pencemaran sungai kita,” ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai pemotongan nasi tumpeng dalam peresmian pembangunan tangki septik individual bio filter di Kampung Biru, Banjarmasin Tengah, Kamis (30/9/2021).

Berita Lainnya
1 dari 3.693

Ia berharap kepada warga setempat untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah diberikan. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan terhindar dari pencemaran sungai.

“Kalau limbah rumah tangga sudah tidak lagi dibuang ke sungai termasuk WC, toilet dan sebagainya. Itu dikelola dibuang di bio filter berarti pada saat yang sama juga harus di jaga dan dirawat,” harapnya.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menambahkan bahwa dengan adanya program bio filter ini. Tentu akan memperbaiki kualitas kebersihan di permukiman yang padat pendudukan di bantaran sungai.

“Insya Allah kalau sudah semua sampai seluruh Kecamatan. Maka akan kita dorong programnya melalui Dinas PUPR di Bidang Cipta Karya,” tuturnya.

Diketahui, ada sebanyak 113 unit bio filter yang telah dibangun di rumah-rumah warga Kampung Biru. (Diskominfo/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya