Sekda, Kapolres dan Perwakilan Kejaksaan Musnahkan Barbuk Narkoba

Batulicin, KP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, DR Ambo Sakka, bersama Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih, berikut Perwakilan Kejaksaan Hanindyo dan pihak Pengadilan Negeri Batulicin ikut dalam pemusnahan barang bukti (barbuk) hasil kejahatan peredaran narkoba jenis sabu dan ekstasi, 11/10/l.2021.

Mereka melakukan pemusnahan narkoba dengan jumlah total 2 Kg jenis sabu dan 475 butir ekstasi. Barbuk senilai miliaran rupiah dimusnahkan dengan cara diblender, kemudian dilarutkan kedalam cairan detergen dan dibuang ke kloset kamar kecil Polres setempat.

Sekda mengatakan, dengan hasil tangkapan narkotika yang cukup banyak ini, mampu menyelamatkan masyarakat dan generasi muda di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Memberangus peredaran barang haram adalah tugas semua pihak, termasuk pemerintah daerah,” ucap Sekda. Lebih lanjut ungkap Sekda, institusi penegak hukum melakukan penindakan, sedangkan pemda melaksanakan sosialisasi dan edukasi, dalam rangka pencegahan bahaya laten narkoba. “Sesuai tatarannya, kewajiban pemda menyosialisasikan kepada masyarakat Tanah Bumbu bahwa narkoba itu sangat berbahaya,” ungkapnya, selain itu, khusus kalangan generasi muda, itu menjadi tanggungjawab pihaknya menyadarkan masyarakat terkait bahaya narkoba.

Berita Lainnya
1 dari 570

“Kita terus galakkan sosialisasi, terutama di sekolah-sekolah kerjasama dengan lembaga lain,” bebernya.

Sekda juga mengapresiasi kinerja jajaran Polres Tanah Bumbu dalam melakukan pemberantasan peredaran narkotika di Kab Tanbu. Ia juga mendukung kehadiran Badan Narkotika Nasional (BNN) di Tanah Bumbu. “Seperti instansi vertikal lainnya, kita menyambut baik jika ada BNN di sini,” tandasnya.

Adapun barbuk yang dimusnahkan Polres Tanah Bumbu, berasal dari milik 2 tersangka yang berhasil diringkus Satuan Narkoba. Tersangka H, yang diringkus di sebuah rumah kontrakan di Jalan Transmigrasi KM 5 Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Senin 27/9.2021 lalu, sekitar pukul 18.30 Wita.

Dari tersangka disita barbuk 10 paket besar narkotika jenis sabu berat 1.796,2 gram dan 11 paket kecil narkotika jenis sabu berat 17,4 gram, dan 475 butir narkotika jenis ekstasi warna kuning dan 47 butir narkotika jenis ekstasi warna abu-abu, serta uang Rp 13.750.000. Kemudian polisi juga mengamankan tersangka S yang ditangkap di Jalan Pesantren Gang Kemakmuran Simpang Empat, Sabtu 25/9.2021 lalu pukul 23.30 Wita.

Dari S, ditemukan barbuk 2 paket kecil narkotika jenis sabu seberat 0,30 gram, ditambah 28 paket ukuran besar dengan berat 100,91 gram, serta plastik klip, timbangan digital, sendok, lakban dan toples kecil. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya