Seluruh Proyek Perbaikan Sekolah Diharapkan Rampung

Banjarmasin,KP – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim berharap, tidak ada proyek perbaikan sekolah yang gagal direalisasikan.

Sehubungan pekerjaan dalam rangka melaksanakan perbaikan fasilitas pendidikan itu, ia berharap dalam tahun anggaran 2021 ini mampu dirampungkan dan diselesaikan tepat waktu.

Kepada {KP} Kamis (30/9/2021) kemarin Zainal Hakim mengatakan, sedikitnya ada 20 sekolah dasar (SD) yang mengalami kerusakan tahun ini diperbaiki.

“Anggaran perbaikan 20 sekolah dasar itu diantaranya berasal bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021,” ujarnya.

Disebutkan sesuai perbaikan sekolah ini digunakan untuk rehabilitasi rusak ringan,penyediaan fasilitas dan sarana di sekolah, seperti ruang kelas, WC, ruang unit kesehatan sekolah (UKS) dan lainnya.

Selain bersumber Dana Alokasi Khusus lanjutnya, Pemko Banjarmasin melalui dana APBD dalam tahun 2021 juga telah menyiapkan anggaran untuk pembenahan fasilitas sekolah dasar diantaranya membangun ruang kelas baru.

Berita Lainnya
1 dari 3.686

Dicontohkan, pembangunan ruang kelas baru itu diantaranya dilaksanakan di SDN Alalak Utara 1 dan SDN Sungai Lulut 2.

Menurut wakil ketua komisi membidangi pendidikan dan kesehatan ini, bahwa dewan terus mendorong pihak Pemko memperbaiki dan mengembangkan fasilitas sekolah agar semuanya memenuhi standar tempat berlangsungnya proses belajar dan mengajar.

Tidak hanya lanjutnya, sekolah yang yang berada di pusat kota. Tapi juga di wilayah pinggiran yang selama ini banyak mengalami kerusakan.

Ia mengakui, mengingat anggaran tersedia sangat terbatas, maka perbaikan sekolah dasar dilaksanakan secara bertahap dengan skala prioritas.

Zainal Hakim memaparkan, khusus SDN Negeri yang tersebar pada lima kecamatan Kota Banjarmasin saat ini sebanyak 256 unit dengan rincian 208 SDN dan 48 unit sekolah dasar swasta.

Dari 208 SDN yang dikelola dan menjadi tanggung jawab Pemko itu ujarnya , sebagian mengalami kerusakan.

” Sebagian besar SDN yang mengalami kerusakan ringan, sedang hingga berat itu berada di wilayah pinggiran,” demikian kata Zainal Hakim. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya