Tarif Jual Tidak Sesuai, Bupati Berencana Lakukan Pertemuan ke Kementerian ESDM

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengatakan bahwa pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala akan segera melakukan pertemuan dengan Direktorat Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirtjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) guna mendiskusikan tarif jual listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBG) yang dibangun oleh PT. Citra Putra Kebun Asri (PT. CPKA) di wilayah Kecamatan Jorong.

Hal tersebut dikatakan Bupati saat melakukan Peninjauan PLTBG di PT. CPKA Kecamatan Jorong pada Sabtu (2/10/2021) pagi.

Dalam peninjauannya, orang nomor satu di Kabupaten Tala tersebut menyatakan bahwa PLTBG yang berada dalam kawasan pabrik pengolahan kelapa sawit tersebut telah siap beroperasi.

Berita Lainnya

Bupati Resmikan Musala Hasil Swadaya Pegawai

Pelaksanaan Pilkades Serentak 1 Desember 2021

1 dari 510

“Kami memberikan penawaran kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) senilai Rp. 1000 hingga Rp. 1100 per satu KWH, namun PLN memberikan penawaran harga beli yang sangat murah yakni Rp. 600,- untuk per satu KWH,oleh karena itu kami harus melakukan diskusi dengan Dirtjen EBTKE agar harga tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan”, ungkapnya.

Lebih lanjut Sukamta memaparkan bahwa harga yang ditawarkan Pemkab Tala kepada PLN bukan semerta-merta soal keuntungan, namun PLTBG tersebut juga memiliki biaya operasional yang harus dipenuhi.

“Tidak cukup hanya soal margin dan operasional saja, PLTBG ini juga berkewajiban untuk membayar pajak dan melakukan perawatan berkala”, ucap Kamta.

Dalam peninjauannya, Sukamta didampingi oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tala Ahmad Hairin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tala Agus Sektiaji, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kabupaten Tala Masturi Sulaiman, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Tala Ina Gantiani serta Camat Jorong M. Alfan Rasyidi Anwar. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya